Bombshell (2019)

Jika kita pernah mendengar isu tentang pelecehan seksual di dunia showbiz yang dilakukan oleh penguasa perusahaan televisi, itu ternyata memang benar-benar terjadi. Isu itu lah yang diangkat dalam film Bombshell dengan cerita yang diangkat dari kisah nyata namun dengan beberapa adegan dan karakter yang sedikit dilebih-lebihkan untuk efek dramatisasi.

Bombshell mengisahkan tentang beberapa pembawa acara yang harus mengalami pelecehan seksual demi menjadi moderator, pembawa acara, ataupun pembaca berita di saluran televisi ternama bernama Fox Broadcasting Company. Dan pelecehan itu dilakukan oleh CEO perusahaan tersebut, Roger Aisle (John Lithgow).

Kisah cerita Bombshell diceritakan pada tahun 2016, dan mundur ke tahun sebelumnya demi mengungkapkan kasus tersebut lebih dalam dengan para korban.

Berawal dari seorang pembawa berita, Gretchen Carlson (Nicole Kidman), yang tak terima dirinya dipecat secara tiba-tiba dan digantikan oleh pembawa berita baru, Kayla Pospisil (Margot Robbie), yang jauh lebih muda darinya.

Tak terima hal tersebut, lantas Gretchen berani mengungkapkan pelecehan yang Roger lakukan terhadapnya. Namun sayangnya ia tak memiliki bukti atas tuduhan tersebut. Dengan menyewa pengacara dan mencari bukti-bukti akurat, Gretchen berhasil mengungkap beberapa korban dan salah satunya adalah teman sekantornya yang juga pernah menjadi host acara televisi acara lain namun masih di perusahaan yang sama, Megyn Kelly (Charlize Theron).

Terus menelusuri lebih dalam, Kayla yang dari awal merasa syok dengan cara casting yang dilakukan Roger, ia pun mengaku bahwa ia juga mengalami pelecehan seksual demi menjadi pembawa berita, pekerjaan yang ia idam-idamkan.

Film yang disutradari oleh Jay Roach dan ditulis oleh Charles Randolph ini mengangkat cerita tentang sisi gelap dunia pertelevisian dan politik. Karakter Roger yang menjadi CEO Fox Broadcasting Company menyalahgunakan kekuasaannya bukan hanya melakukan pelecehan seksual akan tetapi memihak ke salah satu kandidat presiden yang saat itu diisi oleh Donald Trump dan Hillary Clinton.

Menguak kebobrokan sang penguasa suatu perusahaan televisi barangkali pesan yang ingin disampaikan dalam film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam empat puluh delapan menit ini.

Bombshell rilis di Amerika Serikat pada 13 Desember 2019.