Superlópez (2018)

Hampir sebagian orang di dunia ini tahu superhero fiktif yang bernama Superman. Dan di beberapa negara membuat cerita superhero yang hampir sama dengan Superman, salah satunya film Spanyol yang berjudul Superlópez.

Film Superlópez diangkat dari karakter buku komik dengan judul yang sama yang diciptakan oleh Jan pada 1973, yang merupakan parodi dari Superman.

Superlópez mengangkat kisah yang hampir sama seperti Superman. Dari planet Chiton, seorang ilmuwan, Jan (Gonzalo de Castro), dan istrinya menciptakan sebuah eksperimen dengan melahirkan sebuah bayi untuk melawan kediktaroran Skorba (Ferrán Rañè).

Bukan sembarang bayi, bayi tersebut memiliki kekuatan super. Skorba yang mengetahui hal tersebut ingin menguasainya. Namun Jan langsung mengirim bayi super itu ke planet bumi. Putri Skorba, Agata (Maribel Verdú), yang ambisius di hadapan ayahnya, langsung bertindak mengejar bayi itu.

Sang bayi mendarat di tanah Spanyol dan ditemukan oleh pasangan suami istri, Joaquin López (Pedro Casablanc) dan Maria Lopez (Gracia Olayo), yang tak memilki anak. Mereka memberi nama bayi itu Juan Lopez (Dani Rovera).

Tidak seperti bayi pada umumnya baik secara fisik maupun kekuatan, Juan tumbuh menjadi anak yang super. Untuk melindungi Juan, Joaquin dan Maria berpesan:

Ketika kau menonjol, beberapa orang tak akan suka. Mereka akan mejegalmu.” -Joaquin-

Anakku, kau tak perlu melakukan hal istimewa sama sekali.” -Maria-

Baris kalimat tersebut disimpan dalam pikiran Juan untuk membuatnya tak bertindak seenaknya menggunakan kekuatannya bahkan di depan wanita yang ia sukai, Luisa Lanas (Alexandra Jiménez).

Tidak seperti film Superman yang menyajikan cerita film yang serius, film Superlópez merupakan film komedi Spanyol yang menggabungkan cerita superpower dan teknologi.

Menyaksikan gaya komedi film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam empat puluh lima menit ini seperti gaya komedi film Indonesia.

Menonton Superlópez dengan kisah cerita yang hampir sama dengan kisah superhero yang pernah ada mungkin terasa biasa. Namun yang membuat berbeda dari menonton film ini adalah bahasa dan orang yang berbeda, Spanyol.

Superlópez disutradarai oleh Javier Ruiz Caldera dan ditulis oleh Borja Cobeaga dan Diego San José. Film ini rilis pada 23 November 2018.