Little Women (2019)

Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama ini ditulis oleh Louisa May Alcott mengangkat kisah tentang kehidupan empat wanita kakak beradik.

Josephine March atau Jo (Saoirse Ronan) yang merupakan anak kedua dari keluarga March adalah seorang guru juga penulis buku. Jo menceritakan kisah perjalanan hidupnya dan ketiga saudara perempuannya ke dalam buku tersebut.

Film yang disutradarai dan ditulis oleh Greta Gerwig ini mengambil latar waktu cerita pada tahun 1860an dan memiliki alur cerita maju mundur. Pesta, kostum keluarga bangsawan, menari, berkumpul bersama keluarga pada saat natal adalah bagian dalam kisah ini.

Cerita film ini merinci kehidupan kakak beradik; Margaret March atau Meg (Emma Watson), Josephine March atau Jo (Saoirse Ronan), Amy March (Florence Pugh), dan Elizabeth March atau Beth (Eliza Scanlen), dari masa kanak-kanak hingga dewasa, yang meliputi kebahagiaan, kesedihan, kehangatan, kebersamaan, kematian, kerelaan, dan mengejar mimpi.

Meskipun cerita film yang berdurasi selama dua jam lebih ini nampak tak ada yang istimewa, namun beberapa pesan tersampaikan dengan baik melalui karakter Jo. Melalui karakter tersebut penonton bisa melihat ketangguhan wanita tanpa laki-laki bisa menjadi kaya dan mandiri, juga kehidupan bersaudara yang menghargai satu sama lain menjalankan hidup dengan pilihan masing-masing.

Salah satu baris kalimat yang mewakili perasaan wanita disampaikan melalui tokoh Jo adalah:

Women, they have minds and they have souls as well as just hearts. And they’ve got ambition and they’ve got talent as well as just beauty. I’m so sick of people saying that love is just all a woman is fit for. I’m so sick of it.

Satu yang membuat film ini spesial barangkali diisi oleh aktor hollywood kenamaan. Selain Saoirse Ronan dan Emma Watson, Laura Dern, Timothée Calamet, dan Meryl Streep juga mengisi film yang mendapatkan beberapa nominasi penghargaan Oscar 2020 ini.

Akting Saoirse Ronan tak perlu diragukan lagi dengan memerankan karakter Josephine March. Begitu juga dengan para aktor lainnya yang mampu membangun kemistri karakter mereka dengan sangat apik.

Little Women rilis premier di Museum of Modern Art di New York pada 7 Desember 2019, rilis di Bioskop Amerika Serikat pada 25 Desember 2019, dan rilis di Indonesia pada 7 Februari 2020 dan sedang tayang di bioskop Indonesia (saat tulisan ini ditulis).