Beneath Us (2020)

Film yang disutradarai oleh Max Pachman dan ditulis oleh Max Pachman dan Max Mavrothalasitis ini merupakan film horor thriller Amerika.

Beneath Us mengangkat tema cerita tentang sisi gelap American Dream yang dialami oleh empat pekerja ilegal dari Meksiko.

Kakak beradik, Alejandro (Rigo Sanchez) dan Memo (Josue Aguirre), hendak mengadu nasib di Amerika bersama dua teman Alejandro, Hector (Roberto Sanchez) dan Tonio (Thomas Chavira). Karena tak memiliki dokumentasi resmi alias imigran ilegal, mereka menerima pekerjaan apapun yang datang pada mereka demi hidup yang lebih baik.

Ketika seorang perempuan Amerika, Liz Rhodes (Lynn Collins) menawarkan pekerjaan membangun mansionnya yang berada di tempat terpencil, Alejandro, Memo, Hector, dan Tonio langsung menerima pekerjaan tersebut.

Alih-alih mendapatkan pekerjaan dan upah yang mereka harapkan, Liz dan suaminya, Ben Rhodes (James Tupper), justru memperlakukan mereka tidak layaknya seperti manusia.

Jalinan cerita Beneath Us cukup sederhana akan tetapi memiliki beberapa satir yang disajikan dalam cerita yang barangkali terjadi pada beberapa imigran gelap dalam kehidupan nyata.

Bahasa, rasisme, dan dehumanisasi adalah tiga elemen yang menjadi bagian kuat dalam cerita Beneath Us. Hal tersebut ditunjukkan dalam baris kalimat:

Kalian gagal dalam berbahasa Inggris.”

Ini rumah saya, dan ini kuburan kalian.”

Film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam tiga puluh menit ini menggunakan dua bahasa, bahasa Spanyol dan Inggris.

Unsur kekerasan dan psikopat yang kuat ditampilkan dalam beberapa adegan dalam film ini.

Baris kalimat pertahanan berikut ini cukup menjadi bagian kalimat yang kuat dalam dialog cerita Beneath Us:

Kami membangun rumah untuk kamu, dan kau mengubur kami.”

Kau dapat menghancurkan kami, tapi kami tidak mati. Kami menyebar.”

Kau tidak dapat menghentikan apa yang datang.”

Beneath Us rilis premier di Phoenix Film Festival pada 11 April 2019, dan rilis di Amerika Serikat pada 6 Maret 2020.