Coda (2020)

Coda merupakan film drama Amerika yang dibintangi oleh Patrick Steward, Katie Holmes, dan Giancarlo Esposito sebagai pemain utamanya.

Coda mengisahkan seorang pianis terkenal, Henry Cole (Patrick Steward), yang mendedikasikan hidupnya untuk bermain piano hingga akhir karirnya.

Pada saat Henry Cole melakukan tur terakhirnya, ia mengalami kegelisahan ketika akan menunjukkan penampilannya di atas panggung. Bukan hanya itu, ia juga merasa hidupnya telah sangat diekspos.

Pada saat sesi wawancara, seorang jurnalis musik dari majalah kenamaan, Helen Morrison (Katie Holmes), yang merupakan mantan siswa Henry 15 tahun lalu yang telah merubah hidupnya datang menemui Henry untuk mewawancarainya dan untuk satu hal penting bagi Helen.

Karena beberapa kalimat yang disampaikan Henry kepada Helen bertahun-tahun silam, seperti:

Having ability to feel is important.

dan beberapa kalimat bijak lainnya membuat Helen mengagumi sosok Henry dan menjadi alasan ia tetap menulis.

Dalam keadaan mental Henry yang terkadang tidak stabil, Paul (Giancarlo Esposito) sebagai agensi Henry dan Helen menyemangati Henry untuk bisa tampil terbaik di perjalanan tur terakhirnya.

Rangkaian cerita Coda cukup sederhana, namun film yang disutradarai oleh Claude Lalonde mampu menjaga perhatian penonton walaupun tak ada atmosfer cerita yang intens. Beberapa baris kalimat menarik dalam dialog mengisi cerita yang ditulis oleh Louis Godbout ini.

Karakter Henry Cole sangat kuat ditampilkan dalam cerita Coda. Kecintaan dan gairahnya pada musik, juga manfaatnya untuk hidup atau diri sendiri dituangkan dalam cerita yang berdurasi selama kurang lebih satu jam tiga puluh enam menit ini. Aktor kawakan Patrick Steward sangat baik memainkan peran Henry Cole sebagai seorang pianis.

Salah satu baris kalimat yang menarik dari Henry Cole menurut saya adalah:

Being unique is desirable attribute for stamps or landscapes. But in pianist, it spells trouble.

Kalimat tersebut bisa dimaknai dari sudut pandang seorang pianis.

Coda rilis di Amerika Serikat pada 1 Februari 2020.