Ghost Stories (2020)

Ghost Stories tidak seperti film Bollywood pada umumnya. Film original Netflix ini merupakan film antologi yang terdiri dari empat cerita pendek. Yep, empat cerita dan empat sutradara.

Cerita pertama disutradarai oleh Zoya Akhtar. Mengisahkan tentang seorang perawat, Sameera (Janjvi Kapoor), yang bekerja di sebuah rumah yang di dalamnya hanya terdapat seorang perempuan tua sakit-sakittan dan suka meracau namun kadang apa yang ia katakan benar adanya.

Cerita kedua disutradarai oleh Anurag Kashyap. Mengisahkan tentang seorang perempuan, Neha (Sobhita Dhulipala), yang sedang hamil juga menjadi baby sitter seorang anak kecil, Ansh (Zachary Braz). Neha merasa paranoia dengan kutukan masa lalunya. Mimpi-mimpi buruk yang dialaminya selama masa hamil juga memperburuk keadaannya. Sementara di sisi lain, Ansh yang tahu Neha sedang hamil, ia sama sekali tak menyukainya karena ia pikir Neha tak akan menyayanginya. Gelagat aneh dilakukan Ansh untuk membuat bayi itu tak pernah lahir ke dunia.

Cerita ketiga disutradarai oleh Dibakar Banerjee. Mengisahkan seorang laki-laki (Sukant Goel) yang tiba di sebuah kota kecil yang nampak mati dan hanya ada dua anak kecil laki-laki dan perempuan (Aditya Shetty dan Eva Ameet Pardeshi). Anak kecil tersebut mengatakan bahwa semua orang di kota tersebut telah dimakan oleh ayah anak perempuan itu dan mereka semua menjadi zombie. Laki-laki tersebut tidak memercayai hal tersebut hingga ia melihat sendiri makhluk setengah binatang setengah manusia dan zombi-zombi muncul di hadapannya.

Cerita keempat disutradarai oleh Karan Johar. Berbeda dengan tiga cerita di atas yang menampilkan suasana gelap, cerita keempat ini nampak seperti bukan film bergenre horor. Pernikahan meriah, rumah besar dengan warna yang cerah, dan pencahayaan yang terang menjadi nuansa lokasi di cerita keempat ini.

Kisah hantu dalam cerita keempat ini adalah semua anggota keluarga di keluarga kaya tersebut harus dan terbiasa mengucapkan selamat malam kepada ibu atau nenek yang sudah meninggal 20 lalu seolah ia masih ada di tengah keluarga tersebut. Hal tersebut sangat mengganggu Ira (Mrunal Thakur) yang menikah dengan salah satu anggota keluarga tersebut, Dhruv (Avinash Tiwary).

Meskipun keempat cerita Ghost Stories tidak saling berhubungan satu sama lain, namun seluruh cerita ditampilkan secara utuh walaupun dengan akhir cerita yang dibiarkan menggantung.

Dengan judul Ghost Stories (yang maknanya cerita-cerita hantu) dan merupakan film bergenre horor, namun tak ada satupun hantu yang dimunculkan dalam film ini. Bukan hanya itu, efek jumpscare juga sama sekali tak dirasakan oleh penonton. Akan tetapi, misteri yang dihadirkan dalam keempat cerita di atas mampu membawa rasa penasaran penonton.

Ciri khas film Karan Johar selalu identik dengan rumah besar dan penuh warna. Namun dua hal yang hilang dan tak biasa yang muncul dalam film Karan Johar adalah tak adanya tarian dan nyanyian karena melihat cerita ini bukan cerita romantisme.

Film yang berdurasi selama kurang lebih dua jam dua puluh menit ditulis oleh Karan Johar, Dibakar Banerjee, Zoya Akhtar, Isha Luthra, dan Avinash Sampath. Ghost Stories rilis di Netflix pada 1 Januari 2020.