The Other Lamb (2020)

Sejak lahir hidup dalam sekumpulan perempuan pemuja yang dipimpin oleh satu laki-laki dialami seorang gadis yang tinggal di hutan dan padang rumput yang luas. Kemudian ia mulai mempertanyakan ajaran-ajaran yang ia dapat dan kenyataan hidupnya.

The Other Lamb mengisahkan seorang gadis, Selah (Raffey Cassidy), yang sejak lahir tinggal bersama sekumpulan perempuan-perempuan yang memuja dan mengabdi pada seorang laki-laki, Shepherd (Michiel Huisman), yang juga menjadi pemimpin mereka. Beberapa wanita adalah istri Shepherd dan sisanya adalah anak-anak mereka, dan kelak akan menjadi istri Shepherd.

Selah merupakan anak Shepherd. Ibunya meninggal beberapa hari setelah melahirkannya. Ia mulai menanyakan bagaimana Shepherd dan ibunya bertemu. Tak pernah mendapatkan jawaban yang memuaskan tentang pertanyaan-pertanyaannya, Selah mendatangi seorang mantan istri Shepherd, Sarah (Denise Gough), yang dikutuk tinggal terasing di sebuah gubuk. Tidak seperti wanita lain yang sangat memuja dan menghormati Shepherd, Sarah justru sangat membenci Shepherd atas ajaran dan perilakunya yang sangat jauh dari norma kemanusiaan.

Sarah mengatakan:

His attention is like the sun. Glorious at first but then it just burns.”

Pemujaan yang menyimpang, pengembala, banyak istri dan beberapa anak perempuan, menstruasi, domba, pengembara, rahmat, dan Eden adalah elemen yang mengisi bagian cerita The Other Lamb.

Film yang mengangkat tema kultural patriarki, poligami, inses, dan pengendalian relijius ini menyuguhkan cerita yang kurang terang. Penonton tidak mendapat penjelasan detil cerita tentang sebenarnya apa yang dialami oleh Selah. Apakah itu hanya sebuah ingatan atau visi Selah. Begitu pula dengan hal-hal yang mengerikan seperti bangkai domba yang berbelatung.

Meskipun menyajikan cerita yang membingungkan dan terkesan banyak bagian yang disembunyikan, namun The Other Lamb menyuguhkan sinematografi yang sangat apik. Mata saya sangat nyaman menyaksikan beberapa bagian dengan pengambilan gambar yang diambil dengan sangat baik dan cantik. Keserasian warna juga menjadi salah satu hal menarik dalam film ini.

Film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam tiga puluh menit ini disutradarai oleh Malgorzata Szumowska dan ditulis oleh C. S. McMullen. The Other Lamb rilis premier di Toronto International Film Festival pada 6 September 2019, rilis di Amerika Serikat pada 3 April 2020, dan rilis di Inggris pada 3 Juli 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *