Ana (2020)

Menjadi hidup sebatang kara tak membuat seorang anak perempuan berusia 11 tahun menjadi sedih atau berperilaku buruk. Justru gadis ini menikmati setiap perjalanannya bersama seorang laki-laki setengah tua yang tak sengaja ia temui.

Film Ana merupakan film drama komedi (yang sweet). Film ini mengisahkan seorang anak perempuan berusia 11 tahun, Ana (Dafne Keen), yang harus hidup sendirian setelah ibunya ditangkap dan dipenjara.

Karena tak lagi punya tempat tinggal, Ana harus tidur di dalam mobil bekas milik Rafa (Andy Garcia). Rafa adalah penjual mobil bekas yang sedang mengalami kebangkrutan. Ketika mengetahui mobilnya dimasuki seorang anak perempuan (Ana), ia langsung mengusirnya.

Namun Ana tak serta merta beranjak dari tempat Rafa. Ia justru mengikuti kemana Rafa pergi hingga Rafa membiarkannya ikut. Dan mereka memulai perjalanan ketika Rafa mencoba mencari bantuan untuk menyelematkan hidupnya dari kebangkrutan dan Ana membantu menyelematkannya.

Perjalanan pertemanan, gengster, dan kebangkrutan adalah rangkaian dari cerita Ana. Film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam empat puluh lima menit ini menyajikan perjalanan pertemanan yang indah, manis, dan dibumbui sendikit komedi antara anak perempuan usia 11 tahun dan laki-laki setengah tua.

Performa Dafne Keen dan Andy Garcia sangat baik dalam memainkan karakter masing-masing. Meskipun karakter Ana yang dimainkan oleh Dafne Keen masih terasa seperti melihat karakter Laura dalam film Logan, namun kemistri antara Ana dan Rafa terjalin dengan sangat kuat.

Cerita Ana tidak menyajikan cerita yang kompleks atau pun istimewa. Namun kisah yang diambil dari kehidupan nyata di Puerto Rico ini menyuguhkan cerita yang hangat. Beberapa pesan dapat diambil dari cerita ini salah satunya adalah ketika kita memiliki masalah tak ada yang dapat membantu selain diri kita sendiri, dan tidak mudah percaya dengan orang yang akan membatu kita.

Film Ana disutradarai oleh Charles McDougall dan ditulis oleh Cris Cole. Ana rilis di Amerika serikat pada 3 Januari 2020.