Shehjar (2019)

Shehjar merupakan film India yang apabila diartikan dalam bahasa Inggris adalah Shade. Film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam empat puluh lima menit ini disutradarai dan ditulis oleh Nikhil Allug yang merupakan debut filmnya.

Shehjar rilis di Indonesia pada 2 Oktober 2019, dan saat ini (ketika tulisan ini dipublikasikan) bisa ditonton di Iflix. Sebelum teman-teman nonton film ini, simak dulu sinopsis dan sedikit ulasannya yuk!

Shehjar mengisahkan empat orang kashmir muslim yang melakukan perjalanan untuk misi yang misterius. Mereka adalah Nasif (Sunil Palwal), Mariyam (Ira Dubey), Jasim (Zahid Mid), dan Khalid (Burhan Shafi).

Melalui perahu, mobil, dan kereta mereka datang ke Mumbai untuk bertemu seseorang demi melakukan misi tersebut. Setelah melalui perjalanan panjang mereka bertemu Zaffar (Khalid Prasad Mukherjee) yang memberi mereka tempat tinggal di apartemen, memberi makanan, dan memberi sedikit pengarahan apa yang harus mereka lakukan selama di apartemen sebelum akhirnya mereka melaksanakan misi tersebut.

Adegan-adegan dari cerita Shahjer tak seperti cerita-cerita film India pada umumnya. Cerita disajikan dengan potongan-potongan cerita yang menjadi teka teki bagi penonton.

Dialog lebih banyak disuguhkan daripada aksi para karakter dalam film ini. Meskipun sedikit membosankan, untungnya dialog dalam film ini cukup berbobot. Salah satunya adalah dialog Nasif dan Jasim di menit 21-22:

Jasim: “You like studying?”

Nasif: “Yes.”

Jasim: “Why?”

Nasif: “Because there’s no power in the world greater than the power of knowledge.”

Jasim: “Even greater than the power of religion?”

Nasif: “The actual power of every religion is the knowledge. If you read the Quran but did’t understand it, you don’t have its knowledge. If you understand it but did not apply it, then the knowledge is pointless.”

Sang sutradara, Nikhil Allug, menulis cerita ini berdasarkan isu yang terjadi antara India dan Pakistan.

Selain dialog yang berbobot, karakter Khalid yang masih terbilang anak-anak menuju remaja cukup menarik dalam cerita Shahjer.

Perjalanan, pergantian visual pemandangan alam yang cantik dan indah, sungai, kebosanan, kelelahan, dan hubungan persaudaraan dan cinta menjadi bagian dari cerita Shehjar.