Adú (2020)

Adú merupakan film yang ceritanya diambil dari kisah nyata. Film Netlix ini disutradarai oleh Salvador Calvo dan ditulis oleh Alejandro Hernández.

Adú mengisahkan seorang anak kecil berusia 5 tahun yang beranama Adú (Moustapha Oumarou). Ia dan kakak perempuannya, Alika atau Ali (Zayyidiya Dissou) harus meninggalkan kotanya karena mereka melihat aksi beberapa orang yang membunuh gajah dan mengambil gadingnya, kemudian menjadi target pembunuhan orang-orang itu setelah ibunya tewas dibunuh.

Untuk melakukan perjalanan ke Spanyol, Adú dan Ali menaiki pesawat secara ilegal dan masuk ke dalam bagian roda pesawat. Perjalanan Ali dimulai dan menjadi sangat memilukan setelah ia harus menyaksikan kakaknya meninggal di dalam bagian roda pesawat dan jatuh pada saat roda pesawat terbuka. Melihat adegan itu membuat jantung saya seperti terlepas dari tempatnya.

Sesampainya di darat, Adú bertemu dengan seorang remaja lelaki, Massar (Adam Nourou), yang juga imigran ilegal. Bersama Massar, Adú mencari tempat perlindungan bagi mereka sebagai imigran anak dan remaja. Banyak halangan dan rintangan yang pastinya harus mereka lewati.

Film Adú mengambil lokasi pengambilan gambar di Kamerun, Dakar, dan beberapa tempat lainnya di negara Eropa. Imigran, pencurian gading secara ilegal, dan hubungan ayah dan anak menjadi isu dari cerita film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam lima puluh lima menit ini.

Kisah tentang Adú dan kepolosan seorang anak 5 tahun mampu membawa penonton merasakan kepiluan yang dirasakan bocah itu. Namun anak kecil tetap lah anak kecil dengan segala kepolosannya.

Bahasa Inggris, Perancis, dan Spanyol (entah bahasa Spanyol Catalan atau Basque) digunakan dalan Film Adú. Film ini rilis premier di Spanyol pada 31 Januri 2020.