Hacked (2020)

Cinta ditolak, hacker bertindak. Kalimat itu menggambarkan garis besar cerita dalam film thriler psikologikal India yang berjudul Hacked.

Hacked mengisahkan seorang wanita, Sameera Khan atau Sam (Hina Khan), yang hidup dan karirnya hancur sehancur-hancurnya dalam sekejap karena menolak cinta seorang remaja laki-laki, Vivek (Rohan Shah), yang baru berusia 19 tahun.

Sam merupakan seorang kepala editor majalah fashion sukses yang memiliki seorang kekasih sutradara film terkenal, Om Kapoor (Sid Makkar), yang selalu sibuk dengan pekerjaan sehingga sering kali mengingkari janjinya terhadap Sam yang sangat mencintainya.

Sementara Sam sering “mengemis” cinta pada Om, Vivek justru tanpa diminta ia akan memberikan apapun pada Sam. Remaja 19 tahun itu sangat mencintai dan terobsesi pada Sam. Setiap hari Vivek selalu melihat foto-foto di media sosial Sam dan mencari tahu apa yang Sam lakukan dari pagi hingga malam hari. Bukan hanya itu, bahkan ia selalu ada untuk Sam kapan pun Sam membutuhkannya.

Sam tak pernah mengetahui bahwa Vivek mencintainya lebih dari seorang teman karena ia menganggap Vivek terlalu muda atau bocah ingusan. Mengetahui Sam menganggapnya seperti anak kecil, Vivek mengancam Sam tentang apa yang sudah mereka lakukan di malam ulang tahun Sam ketika Sam sedang mabuk. Dengan kemahirannya dalam bidang teknologi, Vivek memasang CCTV di semua sudut ruang, dari rumahnya, rumah sakit, kafe, hingga kantornya dan meretas semua gawai milik Sam.

Dari karakter Vivek jelas sekali bahwa film Hacked mengangkat tema tentang perilaku psikopat seseorang yang mana ia melakukan perilaku gilanya melalui dunia digital dan media sosial. Lantaran obsesi cinta yang berlebihan dan menyimpang, alih-alih mencintai Sam sebagaimana seharusnya, Vivek justru menghancurkan hidup dan karir Sam dengan melakukan berbagai cara yang gila.

Rangkaian cerita Hacked diisi dengan beberapa adegan yang mengundang penonton merasa benci pada Vivek. Itu artinya Rohan Shah sangat baik memainkan peran Vivek. Beberapa nyanyian sendu juga mengisi bagian cerita yang berdurasi selama kurang lebih satu jam lima puluh delapan menit ini.

Di era teknologi dan digital, cerita Hacked mengangkat sisi gelap dunia digital dan media sosial. Bahwa sesungguhnya para pengguna media sosial harus selalu berhati-hati dalam menggunakannya karena kita tak pernah tahu ada predator yang mengintai.

Hacked disutradarai dan ditulis oleh Vikram Bhatt. Film ini didistribusikan oleh Zee Studios dan rilis di India pada 7 Februari 2020.