Summerland (2020)

Lautan luas, deburan ombak, bukit putih, hamparan rumput hijau membentang luas, rumput ilalang, dan hembusan angin adalah pemandangan atau salah satu bagian yang dapat penonton nikmati dalam film Summerland. Bagaimana dengan kisah Summerland?

Summerland berlatar waktu Perang Dunia II. Film drama Inggris ini ditulis dan disutradarai oleh Jessica Swale. Film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam tiga puluh sembilan menit ini mengisahkan seorang penulis perempuan, Alice Lamb (Gemma Arterton), yang terpaksa harus menerima seorang anak laki-laki, Frank (Lucas Bond), untuk tinggal bersamanya selama seminggu untuk menjadi walinya.

Karakter Alice digambarkan sebagai seorang penulis yang sangat ilmiah akan tetapi nampak empati, anti sosial, sinikal, dan acuh tak acuh terhadap orang lain. Karena sikapnya tersebut anak-anak sering mengganggunya dan menyebutnya sebagai nazi.

Sebagai seorang penulis yang lebih senang mengisolasi diri, Alice tidak mengurus keperluan Frank. Ia hanya memberi tempat tidur dan makanan tanpa mau memasaknya untuk bocah itu. Frank sama sekali tak keberatan dengan itu. Kesabaran dan ketabahan Frank mampu membuat hati dan perilaku Alice lunak secara perlahan.

Alur cerita Summerland maju mundur. Film ini memiliki rangkaian cerita yang sederhana akan tetapi cantik dan indah. Di awal hingga pertengahan menonton film ini, saya pikir cerita film ini akan membosankan. Perkiraan saya salah ketika beberapa kejutan disuguhkan dalam film ini.

Pada intinya, Summerland mengangkat tema tentang lost and found, kehilangan dan menemukan orang yang dicinta dengan mengekspresikan perasaan dengan sangat jujur meskipun merasa insekyur (insecure).

Ikatan emosional yang terjalin antara Alice dan Frank sangat indah dan cukup menyetuh hati. Karakter ini dimainkan dengan sangat baik oleh Gemma Arterton dan Lucas Bond. Kemistri yang kuat mampu mereka bangun dari karakter masing-masing yang nampak acuh tak acuh. Hubungan mereka berdua cukup sentimentil bagi saya.

The stories have to come from somewhere.”

Baris kalimat yang dikatakan oleh Alice kepada Frank diatas seperti menjadi kalimat pengikat mereka.

Seperti yang sudah saya paparkan di atas tentang pemandangan laut yang indah, Laurie Rose sebagai sinematografer dalam film ini menyajikan sinematografi yang memanjakan mata penonton.

Summerland rilis di Britania Raya pada 31 Juli 2020.