The Secret Garden (2020)

The Secret Garden merupakan film Inggris yang diangkat dari novel dengan judul yang sama ditulis oleh Frances Hodgson Burtnett pada tahun 1911.

Film yang disutradarai oleh Marc Munden dan ditulis oleh Jack Thorne ini mengisahkan tentang seorang anak perempuan 10 tahun, Mary lennox (Dixie Egerickx), seorang anak bangsawan Inggris. Ia ditinggal meninggal oleh orangtuanya ketika mereka tinggal di India pada epidemik kolera dan masa menjelang partisi India dan Pakistan tahun 1942.

Tidak memiliki siapa-siapa di India, Mary dibawa ke rumah pamannya, Archibald Craven (Colin Firth), di Yorkshire, Inggris. Meskipun ia berada di rumah pamannya yang sangat besar, Mary tetap kesepian. Rumah sebesar itu hanya ada beberapa pelayan dan anak pamannya, Colin Craven (Edan Hayhurst), yang sakit tak bisa berjalan hanya berada di dalam kamar dan disembunyikan.

Meskipun karakter Mary sedikit bossy, kukuh, dan manja (hal itu ditunjukkan dengan ia tak bisa memakai baju dan medandani diri sendiri), namun ia adalah gadis yang berani, imajinatif, rasa ingin tahunya tinggi, dan petualang. Setiap hari ia menghabiskan waktu di hutan yang ia sebut kebun di sekitar rumah, menggali segala isi di dalamnya sampai ia menemukan sebuah tempat yang sangat indah dan berhubungan dengan kehidupan masa lalu keluarga pamannya.

Cerita film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam tiga puluh sembilan menit ini mengangkat tema tentang kehilangan, isolasi, dan kesepian. Rangkaian cerita The Secret Garden sederhana akan tetapi cukup menarik.

Melihat judul dan tokoh utamanya seorang anak kecil, saya pikir film ini akan berkaitan dengan kebun rahasia yang diisi dengan dunia khayalan alias fantasi belaka. Beberapa bagian memang terlihat seperti fantasi, namun selebihnya kebun itu nyata dan berhubungan dengan isi cerita film.

Selain isi ceritanya yang menarik, perpaduan warna kebun yang cantik dan selaras membuat film ini menarik untuk ditonton. Dixie Egerickx nampak sangat pas memainkan karakter Mary lennox.

Film The Secret Garden sangat layak ditonton oleh seluruh keluarga. Film ini rilis di Amerika Serikat pada 7 Agutus 2020, sedangkan di Britania Raya pada 23 Oktober 2020.