Theater (2020)

Theater merupakan film drama Jepang dengan judul original Gekijo. Film ini diangkat dari novel populer yang berjudul Gekijo tahun 2017 yang ditulis oleh Naoki Matayoshi yang juga menulis skenario film ini.

Film yang disutradarai oleh Isao Yukisada ini mengisahkan seorang sutradara muda, Nagata (Kento Yamazaki), yang sangat mencintai dunia teater. Ia mengandalkan hidupnya pada pekerjaan sebagai sutradara teater sekaligus penulis skenario.

Di depan sebuah galeri, Nagata bertemu dengan seorang gadis yang bernama Saki (Mayu Matsuoka). Lalu secara diam-diam, ia mengikuti Saki hanya karena sepatunya sama dengan sepatu yang ia pakai. Kemudian ia mengajak Saki minum namun dengan jujur mengatakan bahwa ia tidak memiliki uang untuk mentraktirnya. Hanya dalam beberapa kali pertemuan, Nagata jatuh cinta pada Saki.

Pekerjaan sebagai penulis dan sutradara teater yang tidak terlalu sukses membuat Nagata tak memiliki penghasilan yang jelas. Untuk tetap bertahan hidup, ia menumpang hidup atau hidup bersama di rumah Saki. Saki adalah gadis yang baik, tulus, lugu, berbakat, dan sangat memanjakan Nagata. Hidup mereka nampak berjalan selaras, namun jiwa dan pikiran Nagata terus bergejolak karena merasa merepotkan Saki.

Kata-kata “teater adalah sumber penderitaanku” dan “sampai kapan aku bertahan?” yang dikatakan oleh Nagata beberapa kali dalam film ini adalah garis besar cerita Theater.

Sepanjang cerita, Theater menyuguhkan kegusaran dan kecemasan Nagata atas hidup yang ia jalani sebagai penulis. Dengan narasi si tokoh utama, cerita mengalir dengan sangat jelas. Namun sayangnya, cerita yang memiliki durasi selama kurang lebih dua jam enam belas menit ini berjalan lambat, hal itu membuat penonton merasa sedikit bosan di pertengahan cerita.

Secara keseluruhan, cerita Theater menyajikan dialog dan romantisme yang manis antara karakter Nagata dan Saki dengan kepribadian masing-masing yang jauh berbeda.

Dialog diakhir cerita antara Nagata dan Saki membuat film ini memiliki akhir cerita yang cukup jelas dari ketidakjelasan hidup Nagata dalam cerita Theater.

Film Theater rilis di Jepang pada 17 juli 2020.