Baba Yaga: Terror of the Dark Forrest (2020)

Bila biasanya saya menonton film horor Amerika, namun kali ini saya penasaran dengan film horor selain film horor Amerika yakni Baba Yaga: Terror of the Dark Forrest yang merupakan film horor supernatural Rusia dengan judul original Yaga: Koshmar Tyomnogo Lesa.

Baba Yaga: Terror of the Dark Forrest mengangkat cerita tentang dongeng orang Rusia tentang penyihir yang mengambil anak-anak yang dilupakan atau tak ada lagi diingat oleh orangtuanya. Mereka akan hidup selama orangtua mereka mengingatnya dan akan hilang ketika mereka dilupakan.

Egor (Oleg Chugunov), seorang anak laki-laki yang baru pindah ke sebuah apartemen bersama ayahnya, Alexey (Aleksey Rozin), ibu tirinya, Yuliya (Maryana Spivak), dan adik tirinya yang masih bayi bernama Varya. Meskipun Yuliya tidak bekerja, ayah Egor menyewa seorang perawat, Tatyana (Svetlana Ustinova), untuk Varya.

Dari awal Tatyana datang, Egor sudah melihat hal-hal aneh yang terjadi di kamar Varya. Akan tetapi ayah Egor tidak percaya meskipun ia sudah memasang CCTV di kamar bayi tersebut lantaran tak ada hal-hal mencurigakan yang terjadi di kamar Varya. Dan ketidakpercayaan orangtua Egor membuat Varya hilang dibawa oleh Baba Yaga. Bersama dua temannya, Dasha atau Dania (Glafira Golubeva) dan Anton (Artyom Zhigulin), Egor mencari keberadaan adik tirinya Varya.

Cerita Baba Yaga: Terror of the Dark Forrest cukup menarik meskipun dengan cerita yang cukup sederhana. Perundungan dan beberapa satir dalam dialog juga menjadi bagian dari cerita yang berdurasi selama satu jam tiga puluh tujuh menit ini.

Dengan pencahayan yang cukup terang yang tidak seperti khas film horor, lokasi di pusat kota, dengan suara efek, pandangan, dan gerak tubuh, film ini mampu memberikan rasa seram dan efek jumpscare dalam beberapa adegan.

Baba Yaga: Terror of the Dark Forrest disutradarai oleh Svyatoslav Podgaevsky dan ditulis oleh Natalya Dubovaya, Svyatoslav Podgaevsky, dan Ivan Kapitonov.

Bagi teman-teman yang bosan dengan menonton film horor Amerika atau pun Inggris, film Baba Yaga: Terror of the Dark Forrest bisa jadi referensi film yang layak ditonton.