Situ Rawa Gede, Bojong Menteng, Bekasi Timur

Bagi saya yang tinggal di tengah kota, masih agak sulit mememukan sebuah tempat wisata alam yang berada di tengah kota. Ujung-ujungnya balik lagi ke objek wisata buatan yang ada di mall-mall yang menawarkan hiburan dalam ruangan (indoor). Kalaupun ada tempat wisata di Bekasi, kita harus singgah ke wilayah perkampungan yang memakan jarak tempuh yang cukup lama dari kota.

Objek wisata alam seperti danau, hutan, dan rawa masih jarang ditemukan di kota besar. Untuk objek wisata danau, belakangan sudah mudah ditemukan di dalam beberapa perumahan di Bekasi yang menyediakan danau buatan sebagai tempat rekreasi gratis warga sekitar. Namun hanya danau saja tanpa ada hal lainnya selain para pedagang.

Dua tahun belakangan, kota Bekasi memanfaatkan lahan danau atau pun wilayah-wilayah yang berpotensi dijadikan sebagai objek wisata untuk warganya. Salah satunya adalah Situ Rawa Gede.

Situ atau danau Rawa Gede berlokasi di Jln. Kampung Bojong Menteng, Bekasi Timur. Danau ini terbentuk dari proses alam. Danau yang berada di samping Gedung Kesenian Bekasi ini, belakangan sudah dikelola dan diperbaiki menjadi objek wisata yang nyaman untuk dikunjungi.

Untuk masuk ke dalam Situ Rawa Gede, pengunjung hanya harus membayar parkir motor sebesar Rp. 5000,-. Memasuki ke dalam danau, banyak yang hal yang bisa pengunjung nikmati. Diantaranya adalah beberapa jenis bunga, tanaman, dan hewan. Fasilitas toilet dan mushola pun tersedia di tempat ini. Beberapa spot yang ciamik, juga bisa dijadikan sebagai tempat swafoto atau foto. Jika pengunjung merasa lapar, berbagai menu makanan dan minuman dengan harga yang variatif bisa pengunjung pesan dan nikmati di saung-saung yang tersedia di tempat ini. Bagi pengunjung yang ingin menjelajah danau, ada perahu yang bisa dinaiki dengan membayar Rp. 10.000,- untuk orang dewasa dan Rp. 5000, untuk anak-anak.

Untuk sekadar menghilangkan kepenatan, berkumpul bersama teman, atau menghabiskan waktu bersama keluarga, Situ Rawa Gede merupakan tempat yang layak untuk dikunjungi.