Jailbreak Pact (2020)

Jailbreak Pact merupakan film Spanyol dengan judul asli Pacto de Fuga. Film thriller ini diangkat berdasarkan kisah nyata.

Pada Juli 1988, dibawah kediktatoran Jenderal Augusto Pinochet penjara umum Santiago menampung lebih dari 2000 narapidana diantaranya 120 tahanan politik. Beberapa anggota Frente Patriotico Manuel Rondriguez menunggu hukuman mati karena melakukan perjuangan bersenjata melawan rezim militer Pinochet selama beberapa bulan. Mereka melakukan protes dan melakukan mogok makan untuk membedakannya dari penjahat biasa dan disatukan dalam satu penjara untuk meluncurkan rencana pelarian yang berbahaya.

Jailbreak Pact menyuguhkan kehidupan para narapidana di dalam penjara umum Santiago, Chile. Beberapa tahanan politik berjuang selama lebih dari 18 bulan menggali lorong untuk melarikan dari tahanan. Penggambaran situasi penjara dan emosional para tahanan selama hidup di penjara menjadi bagian utama dari cerita yang berdurasi selama kurang lebih dua jam lima belas ini.

Jailbreak Pact disutradarai oleh David Albala dan ditulis oleh David Albala dan Raúl Blanchet. Film ini dibintangi oleh Benjamin Vicuña, Eusebio Arenas, Roberto Farías, Diego Ruiz, Vladimir Huaiquinir, dan masih banyak lagi.

Dengan alasan cerita yang cukup menarik, saya rasa film Jailbreak Pact bisa jadi salah satu film berbahasa Spanyol yang layak untuk ditonton. Film ini rilis pada 23 Januari 2020 di Chili.