Gunjan Saxena: The Kargil Girl (2020)

Bila sebuah pesawat atau helikopter dikendalikan oleh seorang pria sudah biasa. Namun bagaimana jadinya bila kendaraan udara tersebut dikendalikan oleh seorang perempuan?

Gunjan Saxena: The Kargil Girl merupakan film india yang kisahnya terinspirasi dari kejadian nyata. Film yang berdurasi selama satu jam lima puluh dua menit ini mengisahkan Angkatan Udara India perempuan pertama, Gunjan Saxena yang diperankan oleh Janhvi Kapoor.

Cerita diisi dengan perjuangan-perjuangan Gunjan Saxena yang sejak kecil bermimpi menjadi seorang pilot. Untuk mencapai apa yang ia inginkan, di setiap tahap seleksi yang harus ia hadapi tak pernah berjalan mulus meskipun pada akhirnya ia lulus akan tetapi tetap menghadapi banyak kendala.

Diskriminasi dan stereotipe gender adalah isu yang diangkat dalam film ini. Pola pikir yang sudah ada di dunia tentang perempuan, hal itu menjadi penghalang kesetaraan perempuan bahwa perempuan tak bisa setara dengan pria dalam pekerjaan tertentu seperti pilot.

Terlepas dari kontroversi cerita yang disajikan dalam Gunjan Saxena: The Kargil Girl bahwa ada beberapa pihak tertentu yang menyatakan kisah ini tidak akurat dan buruk, hal positif yang bisa saya ambil dari film ini adalah jangan pernah menyerah atas apa yang kita ingin capai. Perjuangan tentang kesetaraan gender yang dilakukan oleh karakter Gunjan saxena dapat merubah pola pikir dunia tentang perempuan yang hanya bisa berdandan dan harus bisa memasak.

Dukungan anggota keluarga menjadi bagian penting dalam cita-cita Gunjan Saxena. Meskipun ibu dan saudara laki-laki tidak pernah mendukung cita-cita Gunjan, namun Ayah Gunjan, Anup Saxena (Pankaj Tripathi), sangat mendukung sepenuhnya dari pertama anak perempuannya bercita-cita ingin menjadi pilot hingga berhasil melewati segala halangan dan rintangan yang harus dihadapai putrinya. Karakter dan sosok Anup Saxena atau Pankaj Tripathi menjadi favorit saya dalam kisah ini. Beberapa baris kalimat sederhana mampu menguatkan anak perempuannya ketika sedang putus asa.

Kamu bisa menjadi apapun yang kamu mau.”

Keberuntungan tak meninggalkan mereka yang bekerja keras.”

Solusinya bukan mengurung diri di “kandang”, tapi membebaskan diri dan terbang.”

Gunjan Saxena: The Kargil Girl disutradarai oleh Sharan sharma dan ditulis oleh Sharan Sharma dan Nikhil mehrotra. Film ini rilis di Netflix pada 12 Agustus 2020.