Dad Wanted (2020)

Dad Wanted merupakan film Meksiko dengan judul asli Se Busca Papá. Film original Netflix ini disutradarai oleh Javier Colinas dan ditulis oleh Victor Avelar, Javier Colinas, Paulette Hernandez, dan Fernando Barreda Luna.

Dad Wanted mengisahkan seorang pra-remaja perempuan 12 tahun, Blanca Diaz (Natalia Coronado), yang gemar sekali naik sepeda dan ingin mengikuti sebuah perlombaan BMX. Namun ia sama sekali tak mendapatkan izin dari ibunya, Fernanda (Silvia Navarro), karena kematian ayah Blanca disebabkan oleh insiden sepeda dan Fernanda takut terjadi hal yang sama pada Blanca.

Selama 2 tahun Blanca tak pernah bicara pada Fernanda yang bekerja sebagai produser film. Tanpa sepengetahuan sang ibu, Blanca menggunakan sepedanya ke sekolah dan bersikeras untuk mengikuti perlombaan BMX tersebut. Satu-satunya cara untuk dapat mengikuti perlombaan tersebut adalah mencari seorang “ayah” untuk mendaftarkannya.

Dibantu sahabat Blanca, Laura (Victoria Viera), mereka mencari sosok ayah dengan berpura-pura membuka audisi sebuah film. Seorang aktor ternama yang tak lagi tertarik di bidang akting dan mencari uang dengan menjadi supir taksi online, Alberto (Juan Pablo Medina), datang mengikuti audisi tersebut. Sosok serta aktingnya dirasa cocok bagi mereka. Namun sayangnya aksi mereka ketahuan oleh Alberto dan ia menolak mentah-mentah niat Blanca dan Laura.

Dad Wanted mengangkat tema cerita tentang cinta, kehilangan, dan menyembuhkan. Bahwa kehilangan orang yang disayang tidak mudah untuk melupakan dan menjalani hidup seperti sedia kala merupakan garis besar dari cerita film ini.

Rangkaian cerita film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam empat puluh dua menit ini cukup sederhana akan tetapi sangat menarik untuk ditonton. Menyaksikan film ini, penonton dibuat tertawa, sedih, terharu, dan bahagia.

Meskipun plot Dad Wanted nampak mudah ditebak, namun ada beberapa bagian cerita yang justru mampu memberikan kejutan-kejutan untuk penonton. Satu kisah dan karakter saling berhubungan satu sama lain menjadi kesatuan cerita Dad Wanted.

Sebagai aktris telenovela yang sudah memainkan dalam banyak judul, akting natural Silvia Navarro yang berperan sebagai Fernanda tak perlu diragukan lagi. Begitu juga dengan semua pemain yang terlibat dalam film ini.

Film Dad Wanted dipersembahkan kepada orang yang bahagia dan terus berusaha. Dalam film ini, tak ada momen-momen canggung antara anak dan ibu, atau anak remaja rebel yang berselisih atau pun menjadi akur dengan orang dewasa. Oleh karena itu Dad Wanted merupakan film yang layak untuk ditonton oleh remaja atau pun seluruh keluarga.