The Heist of the Century (2020)

The Heist of the Century merupakan film Argentina dengan judul asli El Robo del Siglo. Film yang disutradarai oleh Ariel Winogard ini diangkat dari peristiwa nyata namun karakternya dibuat fiksi.

The Heist of the Century mengisahkan tentang perampokan yang dilakukan oleh beberapa orang. Diantaranya adalah Fernando Araujo (Diego Peretti), Sebastián (Pablo Rago), Mario Vivette Sellanes (Guillermo Francella), dan Doc (Mariano Argento). Mereka memiliki profesi pekerjaan yang berbeda-beda. Fernando menjadi pemimpin dalam aksi perampokan itu.

Selain mereka berlima, ada beberapa teman lainnya yang turut membantu operasi perampokan tersebut. Aksi perampokan yang mereka lakukan dijalankan dengan penuh perhitungan dan perencanaan yang sangat matang.

Aksi perampokan dalam film The Heist of the Century benar-benar terjadi di Banco Rio atau Bank Rio di kota Bunenos Aires pada 13 Januari 2006 dan direncanakan dengan perencanaan yang sangat matang dari 10 Januari 2005.

Cerita film The Heist of the Century disajikan dengan aspek-aspek komik. Tidak seperti perampok pada umumnya yang berkarakter garang, namun dalam film yang berdurasi selama satu jam empat puluh tujuh menit ini para perampok justru ditampilkan dengan aksi komedi di salah satu bagian adegan pada saat menjalankan aksi perampokan.

Satu kutipan yang menjadi garis besar cerita ini adalah:

En barrio de richachones sin armas ni rencores es sola plata y no amores.”

“Tanpa senjata atau dendam dalam lingkungan orang kaya hanya ada uang dan bukan (tidak ada) cinta.”

Nilai moral yang saya ambil dari film ini adalah,

Hal yang salah akan tetap salah meskipun segalanya direncanakan dengan sangat matang dan tetap akan berakhir buruk apapun alasannnya.”

Film The Heist of the Century rilis di Argentina apada 26 januari 2020.