Malasaña 32 (2020)

Hampir semua film horor yang berlatar cerita di dalam rumah berhantu selalu menarik untuk ditonton. Salah satunya adalah film Spanyol Malasaña 32.

Film Malasaña 32 merupakan film Spanyol yang diangkat dari kejadian nyata. Film yang berdurasi selama satu jam empat puluh empat menit ini mengisahkan seorang keluarga yang berasal dari desa pindah ke kota Madrid. Keluarga tersebut adalah Manolo (Iván Marcos), Candela (Bea Segura), Amparo (Begoña Vargas), Pepe (Sergio Castellanos), Rafael (Iván Renedo), dan Fermin (José Luis de Madariaga).

Cerita ini terjadi di tahun 1972 dan 1976. Hari pertama keluarga tersebut datang ke apartemen tersebut, sang kakek lah, Fermin, yang sudah sangat tua dan sakit mampu melihat keberadaaan sosok yang ada di apartemen yang akan ia tinggali.

Di hari pertama, “penghuni” rumah tersebut menampakkan keberadaanya dalam kegelapan di depan Rafael yang berusia 7 tahun di kamarnya bersama Fermin. Kemudian disusul Amparo yang menjadi target sosok yang kelihatan tak jelas tersebut. Seperti cerita yang bisa ditebak, selanjutnya hal-hal aneh dan janggal terjadi di apartemen tersebut.

Dari menit awal cerita, Malasaña 32 menyajikan adegan dan gambaran dengan scoring yang membuat bulu kuduk merinding. Hal itu seperti ingin memberikan sinyal dan membawa penonton untuk menonton film ini lebih jauh, dengan hal-hal yang lebih menyeramkan lainnya tentunya.

Memiliki genre horor, Malasaña 32 tidak menyuguhkan penampakan-penampakan menyeramkam untuk membuat efek jumpscare pada penonton melainkan dengan menampakkan pergantian beberapa adegan dengan scoring yang mampu mengagetkan jantung penonton.

Selain itu, elemen gambar yang bermain pada ruang siluet, gelap, cahaya, dan bayangan menjadi visualisasi yang cukup nyaman untuk ditonton.

Dengan alur cerita tentang film yang mengangkat tema tentang rumah atau tempat berhantu, pastinya cerita film ini memiliki ritme yang sama dengan film-film horor lainnya yang pernah ada. Meskipun demikian, film Malasaña 32 bisa jadi referensi film Spanyol yang layak untuk ditonton.

Film yang disutradarai oleh Albert Pintó ini rilis di Spanyol pada 17 Januari 2020 dan bisa disaksikan di platform digital atau streaming.