Words on Bathroom Walls (2020)

Words on Bathroom Walls merupakan film drama Amerika yang diangkat dari novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh Julia Walton tahun 2017.

Film yang disutradarai oleh Thor Freudenthal ini mengisahkan seorang remaja, Adam Petrazelli (Charlie Plummer), yang mengidap penyakit skizoprenia, mengalami gangguan psikotik, gangguan mental kronis dimana seseorang kehilangan kontak dengan kenyataan, mengizinkan halusinasi visual dan pendengaran, paranioa, dan delusi.

Adam tinggal bersama ibunya, Beth Petrazelli (Molly Parker), dan pacar Beth, Paul (Walton Goggins). Untuk tetap bisa hidup senormal mungkin, Adam harus mengkonsumsi banyak obat-obattan dan didukung sepenuhnya oleh Beth dan Paul. Selain harus mengkonsumsi obat, ia juga harus rutin berkonsultasi ke psikiater.

Selama mengkonsumsi obat-obattan, Adam justru semakin kuat berhalusinasi dan mendengar bisikan-bisikan yang datang dari 3 orang halusinasinya yakni Rebecca (AnnaSophia Robb), Joaquin (Devon Bostick), dan seorang bodyguard (Lobo Sebastian) yang selalu ada dimanapun dan kapanpun. Sampai akhirnya ia memutuskan untuk berhenti mengkonsumsi semua obatnya tanpa sepengetahuan ibunya ketika ia jatuh cinta pada teman sekelasnya, Maya Arnez (Taylor Russell). Namun efeknya adalah tangan dan kakinya selalu gemetar tanpa terkendali.

Film yang mengangkat tema mental illness selalu menarik untuk ditonton. Tidak seperti karakter orang yang mengalami gangguan mental, karakter Adam nampak seperti manusia normal yang tidak memiliki penyakit halusinasi akut. Satu-satunya hal yang tak bisa ia kendalikan adalah halusinasi yang luar biasa yang kadang muncul dan berakibat fatal bagi dirinya dan orang lain.

Cerita Words on Bathroom Wall cukup ringan. Film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam lima puluh menit ini menyajikan cerita khas remaja yang diisi dengan jatuh cinta. Agak klise, namun cukup menarik untuk ditonton karena memiliki pesan yang dapat ditangkap dengan mudah untuk penonton bahwa mencintai dan dicintai bisa menyembuhkan apapun.

Dua baris kalimat menarik dalam film ini menurut saya adalah:

To be a parent means becoming what your children need the most.” -Paul-

I have an illness, but I’m not illness itself.” -Adam-