Greenland (2020)

Sebuah bencana tidak melulu memberikan efek buruk. Karena cinta dan sisi kemanusiaan akan selalu ada dalam setiap musibah yang datang. Hal itu merupakan pesan yang disampaikan dalam film Greenland.

Greenland merupakan film drama yang menggabungkan cerita drama keluarga dan kehancuran bumi. Sebuah keluarga yang baru saja berkumpul kembali setelah sang suami, John Allan Garrity (Gerard Butler), pulang dari tugasnya sebagai seorang arsitek dan ingin memperbaiki konflik dengan istrinya namun harus kembali terpisah karena harus menjalani ujian yang lain ketika mereka sedang menjalankan proses relokasi hunian lantaran bumi yang dihujani roket.

John mendapatkan pesan singkat otomatis dari departemen keamanan bahwa ia, istrinya Allison Rose Garrity (Morrena Baccarin), dan anaknya yang berusia 7 tahun yang mengidap penyakit diabetes Nathan Becket Garrity (Roger Dale Flyod), terpilih untuk melakukan relokasi hunian ke tempat yang aman yaitu menuju ke sebuah bunker. Dalam perjalanan menuju tempat tersebut, segala halangan dan rintangan menjadi ujian kehidupan mereka.

Cerita Greenland bukan tipikal cerita yang bergenre bencana pada umumnya. Cerita yang ditulis oleh Chris Sparling ini lebih banyak menyajikan adegan dramanya daripada bencana itu sendiri.

Rangkaian cerita film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam lima puluh sembilan menit ini bukan film yang menyajikan tokoh protagonis yang beraksi menjadi seorang pahlawan yang menyelamatkan dunia. Namun cerita film ini lebih kepada hubungan kemanusiaan yang saling mendukung satu sama lain, bagaimana seseorang memutuskan untuk tidak memikirkan diri sendiri ketika bencana melanda.

Secara emosional, cerita film ini cukup menyentuh hati penonton dari konflik yang disajikan dalam film ini. Bencana yang merupakan hal buruk berubah menjadi jalinan kasih yang tumbuh ketika hal itu hampir mati. Satu sama lain saling melindungi.

Menurut jadwal, Greenfield akan tayang di bioskop pada 12 Juni 2020. Namun karena masih dalam keadaan pandemi, film yang disutradarai oleh Ric Roman Waugh ini rilis secara digital pada 18 Desember di Amerika Serikat.