18 Presents (2020)

18 Presents merupakan film Italia dengan judul asli 18 Regali. Film yang dapat disaksikan di Netflix ini disutradarai oleh Francesco Amato dan ditulis oleh Francesco Amato, Massimo Gaudioso, Davide Lantieri, dan Allesio Vincenzotto.

Cerita film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam lima puluh lima menit ini diangkat dari kisah nyata seorang wanita Italia yang bernama Elisa Girotto.

18 Presents mengisahkan seorang ibu, Elisa (Vittoria Puccini), yang harus menerima kenyataan bahwa ia didiagnosis memiliki tumor pada saat ia sedang hamil dan tidak akan bisa melihat anaknya ketika ia melahirkannya. Tahu akan meninggal dunia, Elisa menulis hadiah untuk anak yang ia dan suaminya, Alessio Vincenzotto (Edoardo Leo), beri nama Anna Vincenzotto (Benedetta Porcaroli) hingga usianya menginjak 18 tahun.

Di tiap hari ulangtahun Anna, Alessio selalu merayakan ulangtahun Anna dan memberikan hadiah yang sudah ditulis Elisa sebelum meninggal. Alih alih bahagia tiap kali merayakan dan mendapat hadiah, semakin Anna besar semakin ia tidak bahagia dan menjadi gadis pemberontak dan keras kepala. Ketika usianya menginjak 18 tahun, semua orang terdekat datang untuk merayakan ulangtahun Anna, ia malah kabur, membuat ulah, dan tertabrak sebuah mobil. Ketika ia sadar, yang ada di hadapannya adalah ibunya sendiri.

Rangkaian cerita 18 Presents terkesan seperti film drama yang biasa saja di awal cerita. Hingga di pertengahan cerita penonton disajikan cerita dengan plot twist. Hal tersebut mampu menghilangkan kesan biasa saja untuk film ini.

Alur maju mundur dalam film ini cukup membingungkan di awal, namun bukan berarti cerita film ini sulit untuk diikuti. Dengan alur tersebut justru penonton diberi dua sudut pandang dari sisi Elisa dan Anna. Bagi saya menjadi menarik ketika pesan cerita disampaikan dengan alur cerita yang tak biasa. Penyampaian ceritanya terasa unik.

Sedikit tentang hal yang berhubungan dengan parental diselipkan dalam cerita ini. Bahwa orangtua, dalam film ini seorang ibu, akan memberikan hal terbaik pada anaknya untuk harapan dan mimpinya, namun belum tentu semua itu sesuai dengan keinginan sang anak.

Akting para pemain yang mumpuni dan cerita yang menarik mampu menghadirkan perasaan emosional dan mengharukan bagi penonton. Salah satunya adalah saat Anna membaca surat Elisa. Salah satu baris kalimat isi surat itu berbunyi,

… Tak ada gunanya hidup dengan amarah dan sedih…”

18 Presents rilis pada 2 Januari 2020, dan rilis di Netflix pada 8 Mei 2020.