The Kid Detective (2020)

The Kid Detective merupakan film drama komedi misteri Kanada. Film yang berdurasi selama satu jam tiga puluh tujuh menit ini disutradarai dan ditulis oleh Evan Morgan.

The Kid Detective mengisahkan seorang detektif, Abe Applebaum (Adam Brody), yang sudah berhasil menyelesaikan 200 kasus dari usia 12 tahun. Lama tak mengerjakan sebuah kasus, di usia 32 tahun Abe mendapatkan sebuah pekerjaan menginvestigasi dan menyelidiki sebuah kasus pembunuhan.

Seorang siswi SMA, Caroline (Sophie Néllise), datang ke kantor Abe untuk meminta bantuan menyelidiki kasus pembunuhan pacarnya yang dibunuh dan ditusuk sebanyak 17 kali. Menyelidiki kasus tersebut merupakan kasus pembunuhan pertama Abe sepanjang ia menjadi seorang detektif. Beberapa orang meragukan kemampuan Abe, temasuk orangtua Abe, akan tetapi kecintaannya pada pekerjaan yang ia jalani tak membuat Abe mundur meskipun ia tak dibayar sepeserpun.

Jika penonton berharap film yang mengangkat tema detektif ini akan menyajikan aksi-aksi baku hantam atau aksi menegangkan, sayangnya semua itu tidak ada dalam cerita The Kid Detective.

Cerita The Kid Detective lebih kepada seorang detektif yang tidak memiliki banyak kata, sedikit ceroboh, lucu, dan konyol akan tetapi tekun dalam melakukan penyelidikannya.

Karakter Abe Applebaum sedikit kompleks, dan Adam Brody memainkan karakter ini dengan sangat baik. Eksperi wajahnya yang nampak datar namun mampu menyampaikan banyak emosi, terutama rasa kasihan dan lucu.

Rangkaian cerita The Kid Detective memberi penonton sebuah misteri, seorang pahlawan, dan candaan ringan namun berkesan. Film komedi Kanada ini menyuguhkan sebuah komedi yang manis dengan humor yang sedikit mengolok-olok atau mencemooh.

Meskipun The Kid Detective bukan film keluarga, namun film ini bisa dinikmati oleh seluruh keluarga atau semua usia.

The Kid Detective rilis premier di Toronto International Film Festival (TIFF) pada 13 September 2020, dan rilis di Amerika Serikat pada 16 Oktober 2020.