Blackbird (2020)

Berkumpul bersama seluruh anggota keluarga adalah hal yang menyenangkan. Namun akan terasa berbeda jika berkumpul bersama untuk menghabiskan waktu-waktu terakhir bersama salah satu dari anggota keluarga yang akan segera meninggal.

Blackbird merupakan film drama Amerika yang dibuat ulang dari film Denmark yang berjudul Silent Heart tahun 2014. Film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam tiga puluh delapan menit ini disutradarai oleh Roger Michell dan ditulis oleh Christian Torpe.

Blackbird mengisahkan sebuah keluarga yang menghabiskan hari-hari terakhir, Lily (Susan Sarandon), seorang istri, ibu, dan nenek, bersama anak-anaknya Jennifer (Kate Winslet) bersama suaminya Michael (Rainn Wilson) dan Anna (Mia Wasikowska) bersama pacar lesbinya Chris (Bex Taylor-Klaus), cucunya Jonathan (Anson Boon), teman terdekatnya Elizabeth (Lindsay Duncan), dan tentunya bersama suami Lily, Paul (Sam Neill).

Waktu yang mereka habiskan mereka jadikan waktu yang berkualitas diantara masing-masing anggota keluarga. Hal-hal kecil, rahasia, atau yang tak pernah diungkapkan sebelumnya terungkap di hari-hari kebersamaan mereka sekaligus menjadi konflik yang harus mereka selesaikan.

Jalinan cerita Blackbird hampir sama dengan cerita-cerita drama keluarga pada umumnya. Namun ada beberapa hal menarik yang membuat film ini bukan hanya sekadar film drama dengan segala konflik yang ada.

Konflik yang ada dalam cerita Blackbird dikelola dengan sangat baik. Semuanya berjalan dengan pas, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.

Karakter-karakter yang disajikan dalam cerita ini sangat jelas, salah satunya adalah dua anak perempuan Lily yang memiliki karakter yang sangat berbeda. Dan karakter Lily yang sedang sakit sangat pas dan sangat baik dimainkan oleh Susan Sarandon secara emosi dan mental.

Diisi oleh aktor dan aktris ternama hollywood, setiap adegan terasa natural, meskipun dalam beberada adegan penonton seperti sedang menonton pertunjukkan teater.

Sinematografi yang ditampilkan sangat presisi. Pengambilan gambar diambil dengan penempatan jarak kamera dari objek secara luas hingga semua delapan karakter yang ada dalam film ini tampak dengan ekspresi dan perannya masing-masing.

Berkumpul bersama keluarga karena menunggu kematian salah seorang anggota keluarga memang bukan sesuatu yang menyenangkan, namun cerita yang disajikan dalam Blackbird menampilkan kehangatan sebuah keluarga yang memiliki keterkaitan kuat secara biologis dan emosional dengan segala konflik dan solusinya.

Beberapa baris dialog yang disampaikan Lily cukup menarik menurut saya, diantaranya adalah:

I’m dead soon. Are you coming down.”

I’ll take your secret to my grave.”

Old people are just pretending to be insightful to give the impression that life adds up to something meaningful and comprehensive.”

Love is everything.”

Blackbird rilis premier di Toronto International Film Festival pada 6 September 2019, dan rilis di Amerika Serikat pada 18 September 2020.