Pantai Muara Bungin

Apa yang ada di benak teman-teman ketika mendengar nama kota Bekasi? Panas, padat, macet, atau planet lain? Yap, gambaran tersebut (kecuali planet lain) hampir tepat jika berada di kota Bekasi. Di Kota, penduduk Bekasi hanya akan mendapatkan hiburan yang ada di mall-mall, kulineran, dan arena bermain indoor.

Namun beberapa tahun belakangan, di Bekasi mulai banyak tempat wisata tumbuh meskipun bukan berlokasi di kota. Beberapa tempat wisata kebanyakan berlokasi di kabupaten. Itu artinya, mereka yang tinggal di kota akan membutuhkan waktu satu sampai dua jam menuju lokasi tempat wisata yang ingin dikunjungi. Waktu tersebut nampak terasa panjang, namun akan terbayar dengan perjalanan melewati sawah, pepohonan, atau pun perkebunan yang memanjakan mata yang hampir tak pernah kita temui di kota.

Selain wisata alam, taman, dan tempat bermain anak outdoor, baru beberapa tahun belakangan ini Bekasi juga memiliki objek wisata pantai. Salah satunya adalah Pantai Muara Bungin atau Pantai Bungin yang baru diresmikan pada tahun 2019. Pantai ini berlokasi di Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi.

Perjalanan dari kota Bekasi menuju Pantai ini membutuhkan waktu selama dua jam lebih sedikit. Bukan perjalanan yang pendek melihat lokasi ini berada di ujung Bekasi. Namun bagi teman-teman yang ingin datang ke Pantai Bungin ini, hampir di sepanjang perjalanan, mata akan dimanjakan oleh pemandangan dan hamparan sawah hijau yang luas membentang di sisi kiri dan kanan jalan.

Pada saat saya mengunjungi pantai ini, tak ada biaya tiket masuk bahkan biaya parkir lantaran pandemi covid 19 dan banjir rob. Beberapa fasilitas rusak dan hanya ada beberapa pedagang yang membuka kedainya.

Oleh karena belum dikelola dengan baik (Maret 2021), sayangnya akses 1 km menuju pantai terasa sangat tidak nyaman untuk dilewati. Permukaan jalan masih menggunakan conblok yang beberapa bagiannya sudah hancur. Pengemudi sepeda motor harus ekstra hati-hati ketika jalanan basah dan licin.

Pantai Bungin memiliki pasir hitam dengan air ombak yang tak terlalu besar. Meskipun begitu, pengunjung tetap bisa menikmati Pantai Bungin yang memiliki fasilitas saung, ayunan, dan tanaman mangrove yang indah. Pantai Muara Bungin bisa jadi destinasi wisata bahari yang layak untuk dikunjungi.