Rumah Joglo Puri Wedari Mutiara Gading City Babelan Bekasi

Di hampir setiap kota di Indonesia pastinya selalu ada pendatang dari satu kota ke kota lain, salah satunya adalah Kota Bekasi dan sejumlah penduduk Jawa yang merantau ke Bekasi.

Bagi penduduk Jawa yang tidak bisa pulang ke kampung halaman, tempat wisata ini barangkali bisa mengobati sedikit rindu suasana kampung halaman, yakni Rumah Joglo Puri Wedari.

Rumah Joglo Puri Wedari terletak di dalam perumahan Mutiara Gading City, desa Setiasih, Tarumajaya, Babelan Bekasi. Rumah Joglo ini dibangun pada tahun 2017.

Akses menuju Rumah Joglo sedikit sulit karena spanduk arah dan jalannya berbeda. Pada saat saya datang ke tempat ini, saya sempat sedikit nyasar karena jalan menuju Rumah Joglo sedang diperbaiki. Setelah menemukan akses jalannya, pengunjung akan melewati pepohonan hutan sengon dengan jalanan yang belum diaspal atau pun dicor. Jalanan masih berapa tanah merah. Apabila tanah basah karena hujan, pengendara sepeda atau pun sepeda motor harus ekstra hati-hati membawanya karena tanah yang licin.

Harga Tiket Masuk (HTM) Rumah Joglo ini sebesar Rp. 10.000,- untuk hari Senin – Jumat, dan Rp. 15.000,- untuk hari Sabtu dan Minggu.

Memasuki area Rumah Joglo, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang menarik. Sebelah kiri kanan jalan menuju area Rumah Joglo terdapat perkebunan yang sangat luas.

Mendekati Rumah Joglo, suara gending musik khas jawa terdengar dari luar. Selain rumah Joglo itu sendiri, di luar sekitar rumah terdapat patung-patung yang menggambarkan kegiatan asli tradisional jawa, saung-saung, musola, dan toilet.

Bukan hanya untuk mereka yang rindu kampung halaman Jawa, akan tetapi warga Bekasi juga bisa menikmati suasana yang diberikan oleh Rumah Joglo Puri Wedari ini. Tempat ini bisa menjadi salah satu tempat berwisata alam yang dapat dikunjingi pada saat liburan atau hanya sekadar menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.