Air Terjun Tumpak Sewu

Salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi orang-orang adalah air terjun. Wisata air terjun selalu memberikan daya tarik tersendiri bagi siapapun.

Kebanyakan air terjun hanya memiliki 1 atau 2 aliran sumber air saja. Namun tidak dengan air terjun ini. Air terjun yang disebut Tumpak Sewu ini memiliki lebih dari 3 aliran sumber air. Banyak pengunjung yang sudah melihat keindahan dan pesona air terjun ini menyebutnya sebagai Niagara-nya Indonesia.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru begitu fenomenal, seolah tak pernah berhenti menyuguhkan pesonanya yang selalu memukai baik di mata negeri sendiri maupun di mata dunia. Salah satu pesona yang disuguhkan adalah air terjun yang berada di lereng gunung Semeru ini.

Air terjun Tumpak Sewu berlokasi di Lumajang, Jawa Timur. Aliran air terjun Tumpak Sewu melebar bak tirai raksasa. Mengalir jatuh dari tebing setinggi 120 meter. Percikannya membuat udara yang sudah sejuk menjadi lebih sejuk.

Ada dua spot yang disediakan bagi pengunjung untuk menikmati indahnya air terjun ini, yakni pos panorama disediakan untuk melihat air terjun dari atas dan pos lembah untuk menikmati air terjun dari bawah.

Jalan menuju dua pos ini sama – sama memiliki tantangan untuk dilewati. Untuk menikmati keindahan pos panorama air terjun, pengunjung harus melewati jalan berliuk dan curam dengan jarak tempuh kurang lebih sejauh 500 meter dari jalan raya. Sedangkan untuk melihat air terjun dari bawah, dari pos panorama pengunjung harus berjalan lagi ke bawah melewati tebing dan jalan setapak yang lebih curam.

Bagi teman-teman yang suka tantangan dan ingin menikmati sensasi dinginnya serta melihat lebih dekat air terjun Tumpak Sewu bisa mencoba sensasi menuruni pos dari panorama. Namun bagi teman-teman yang hanya ingin menikmati indahnya air terjun ini cukup di pos Panorama saja.

Dengan melewati jalan yang curam dan berliku terbayar dengan indahnya air terjun Tumpak Sewu yang menawan dan memesona tak bosan dipandang mata.

Terakhir, jangan khawatir bila temen-teman tidak ingin merasa lelah pada saat menuju ke atau pulang dari pos panorama air terjun, karena di sana akan ada ojek yang menawarkan jasa dengan harga Rp. 10.000,- untuk sekali jalan. Di pos ini juga ada beberapa warung makanan dengan harga yang masih masuk akal. Jadi, tak perlu khawatir kelaparan.