Goa Lalay Klapanunggal

Berwisata ke goa terdengar tidak tertalu familiar untuk dikunjungi. Namun untuk merasakan sensasi liburan yang berbeda, berwisata ke goa bisa menjadi salah satu pilihan yang perlu dicoba, salah satunya adalah Goa Lalay.

Goa Lalay terletak di desa Klapanunggal, kabupaten Bogor. Goa bekas galian tambang kapur ini terbentuk secara alami. Goa ini memiliki kedalaman sekitar 100 meter dan memiliki beberapa ruang dengan lebar 5 -10 meter.

Untuk masuk dan menikmati sensasi di dalam goa, pengunjung bisa menggunakan perahu karet yang disewakan. Namun sayangnya pengunjung (pada saat saya mengunjungi Goa Lalay di bulan Maret 2021) tak bisa menjelajah goa dikarenakan gunung kapur sekitar goa yang rawan longsor. Pengunjung hanya bisa menikmati dari jarak beberapa meter dari goa yang diberi garis kuning di sekitar goa.

Meskipun pengunjung tidak bisa menikmati ke dalam goa, pemandangan di luar goa tak kalah menarik untuk dinikmati. Pemandangan gunung kapur yang menakjubkan lumayan memanjakan mata.

Selain gunung kapur, pengunjung bisa menikmati danau kecil yang kadang digunakan untuk berenang oleh anak-anak yang tinggal di sekitar gunung kapur.

Harga tiket masuk pada saat saya datang gratis, hanya dikenakan biaya parkir Rp. 5000,-. Beberapa kedai makanan berjejer di depan sekitaran parkiran. Toilet yang disediakan cukup bersih. Namun sayangnya musola belum tersedia di tempat wisata ini dan jalanan menuju tempat wisata ini pun kurang bagus karena dilewati kendaraan-kendaraan besar pengangkut batu kapur.

Terlepas dari kurangnya pengelolaan dan kekurangan yang ada di tempat wisata ini, Goa Lalay bisa jadi referensi tempat wisata yang bisa dikunjungi.