Ghost Whisperer (2005-2010)

Ghost Whisperer merupakan TV show Amerika yang rilis pada tahun 2005 sampai tahun 2010. Di 5 musim penayangannya, serial TV supernatural ini cukup memberi kesan menarik bagi saya.

Serial drama horor yang diciptakan oleh john Gray ini rilis pilot atau season 1 episode 1 pada 23 September 2005. Sebanyak 106 episode disajikan selama 5 musim.

Ghost Whisperer merupakan salah satu program TV yang cukup populer di Amerika pada tahun 2000an. Serial TV yang dibintangi oleh Jennifer Love Hewitt yang juga menjadi produser acara ini mengisahkan tentang seorang wanita, Melinda Gordon (Jennifer Love Hewitt), yang memiliki kemampuan unik yakni dapat melihat hantu. Melinda menikah dengan seorang laki-laki yang ia cintai dan sangat mencintainya, Jim Clancy (David Conrad), seorang paramedis.

Melinda memiliki toko antik. Selain menjaga tokonya bersama rekan kerjanya, ia membantu para roh penasaran yang belum menyeberang alias belum melihat cahaya untuk melangkah masuk ke alam atau perjalanan selanjutnya sebelum urusan para arwah penasaran tersebut selesai dengan orang-orang yang berhubungan dengan mereka di dunia.

Menonton Ghost Whisperer seperti mendapat ilustrasi secara visual tentang orang-orang yang meninggal dalam keadaan tidak wajar, seperti kecelakaan di pesawat, tak sengaja terbunuh, dan banyak kasus lainnya. Kematian, tanda-tanda kematian, dan hantu dieksplor secara ringan di tiap episodenya.

Bukan hanya melulu menyajikan cerita hantu, kisah cinta sejati antara Melinda dan Jim menjadi bumbu menarik yang diracik dengan sangat apik dan manis oleh pembuat serial ini. Dari awal, penonton sudah disuguhkan dengan dua karakter Melinda dan Jim atau Jennifer Love Hewitt dan David Conrad yang kuat sekali kemistri mereka dalam memerankan karakter ini. Karakter tersebut saling melengkapi dan mendukung satu sama lain.

Melinda dan Jim memiliki karakter yang kuat. Melinda digambarkan seorang wanita yang sangat baik, mudah tersentuh dan terharu (emosional), berani, sedikit keras kepala, dan fokus dalam menyelesaikan setiap masalah arwah penasaran yang sedang ia kerjakan. Meskipun Melinda selalu mampu memecahkan teka-teki kematian setiap arwah penasaran, namun Jim memiliki peran yang signifikan bagi Melinda. Jim selalu berada di “sisi” Melinda, mendengarkan semua keluh kesahnya, menjadi pelindungnya, selalu mendukungnya, serta sabar memiliki seorang istri yang selalu ingin menolong para arwah penasaran tanpa melihat waktu dan bahaya. Jika Melinda adalah pahlawan bagi para roh gentayangan dan orang-orang yang dibantu olehnya, Jim adalah pahlawan bagi Melinda. Karakter Jim Clancy menggambarkan sosok laki-laki atau suami idaman hampir setiap wanita. Kegantengan, kelembutan, sisi masculinity David Conrad nampak sangat pas dalam memerankan karakter Jim.

Meskipun masalah atau konflik yang disuguhkan sama dari musim 1 hingga musim 5, namun penulis mampu membuat hal-hal baru dan pastinya di setiap cerita memiliki pesan yang ingin disampaikan kepada penonton dengan isu yang berbeda. Bahkan di musim 4 penonton diberi “kejutan”. Jika penonton bertanya kenapa Melinda tidak menggunakan nama belakang suaminya padahal ia sangat mencintainya, jawabannya bisa penonton temukan di musim 4.

Dalam kehidupan nyata, banyak atau beberapa orang tidak percaya dengan adanya hantu atau arwah penasaran. Namun yang menarik dari cerita ini dan membuatnya seperti nyata, dalam beberapa permasalahan diselesaikan dengan data dan penelitian secara ilmiah oleh Melinda yang selalu dibantu seorang profesor. Bahkan satu atau dua episode mengambil ide cerita dari sudut pandang kepercayaan atau ajaran agama tertentu.

Selain Jennifer Love Hewitt dan David Conrad, beberapa pemain pendukung dan aktor/aktris tamu mengisi serial TV ini. Beberapa pemain pendukung diantaranya:

Aisha Tyler (Andrea Marino), Season 1

Jay Mohr (Professor Rick Payne), Season 2 – 4

Camryn Manheim (Delia Banks), Season 2 – 5

Tyler Patrick Jones (Ned Banks), Season 2

Christoph Sanders (Ned Banks), Season 3 – 5

Jamie Kennedy (Professor Eli James), Season 4 – 5

Connor Gibbs (Aiden Lucas), Season 5

Bagi teman-teman yang suka dengan cerita hantu yang dibumbui dengan sedikit drama, penggemar aktris berbakat Jennifer Love Hewitt dengan senyum dan tawanya yang khas, atau ingin menikmati ketampanan David Conrad, Ghost Whisperer bisa jadi referensi serial TV yang bisa dinikmati di aplikasi Disney+ hotstar.