To Olivia (2021)

Kematian seorang anak akan menjadi pengalaman yang paling menyedihkan bagi kebanyakan orangtua. Salah satunya adalah pengalaman yang dialami oleh penulis Roald Dahl dalam film yang diangkat dari kisah nyata ini.

Kisah To Olivia diangkat berdasarkan buku yang ditulis oleh Stephen Michael Shearer yang berjudul An Unquite Life. Film ini mengisahkan seorang ayah dan penulis, Roald Dahl (Hugh Bonneville), yang merasakan kesedihan mendalam selepas anak perempuannya (7 tahun), Olivia Twenty Dahl (Darcey Ewart), meninggal karena penyakit otak yang disebabkan oleh campak.

Roald Dahl menikah dengan aktris Patricia Neal (Keely Hawes) dan dikarunia 3 orang anak; Olivia Dahl, Tessa Dahl (Isabella Jonsson), Teo Dahl (Alfie Hardy). Kehidupan mereka sangat bahagia hingga musnah seketika lantaran sebuah penyakit merenggut nyawa Olivia.

Film yang disutradarai oleh John Hay ini mengangkat sepenggal kehidupan Roald Dahl tentang kesedihannya yang sangat mendalam hingga menghasilkan buku yang berjudul The BFG The BFG (2016) yang didedikasikan untuk Olivia.

Kesedihan yang dirasakan oleh Roald Dahl mampu membawa penonton merasakan nelangsa yang ia rasakan. Kepedihan yang mendalam telah menghancurkan pernikahannya dengan Patricia Neal yang tak tahan melihat reaksi yang berlebihan dari Roald Dahl. Namun emang dasar penulis, segala rasa ia tumpahkan menjadi sebuah buku. Bukan hanya itu, untuk mencegah penyakit yang merenggut nyawa anaknya, Roald Dahl mengkampanyekan vaksin campak yang saat itu (tahun 1962) belum ada.

Film drama Inggris yang berdurasi selama kurang lebih satu jam tiga puluh menit ini rilis di Britania Raya pada 19 Februari 2021.