My Salinger Year (2021)

My Salinger Year merupakan film drama yang diangkat dari buku memoir dengan judul yang sama yang ditulis oleh Joanna Rakoff pada 2014. Film ini juga dikenal dengan judul My New York Year.

Film yang bersetting waktu tahun 1995 ini mengisahkan tentang seorang penyair dan calon penulis buku, Joanna Rakoff (Margaret Qualley), yang mendapat pekerjaan di New York menjadi seorang asisten pimpinan sebuah agensi buku sastra yang sudah cukup lama berdiri, Margaret (Sigourney Weaver).

Hampir semua buku sastra sudah Joanna baca. Namun kebanyakan dari buku-buku itu ditulis oleh penulis yang sudah meninggal dunia. Sementara pekerjaan yang harus ia lakukan adalah membaca surat penggemar J.D Salinger, penulis yang masih hidup (saat itu). Joanna bahkan belum pernah membaca karya Salinger yang terkenal The Catcher in the Rye. Selain membantu Margaret dan menjawab telepon berdering di mejanya, tugas Joanna hanya membaca surat penggemar Salinger dari seluruh dunia dengan berbagai profesi, dan tidak boleh membalasnya.

Niat Joanna bekerja di sebuah agensi buku adalah ingin memiliki peluang untuk membuat buku yang ia tulis. Namun ia harus mengurungkan niatnya ketika di awal sang bos mengatakan:

Writers usually make the worst assistant.”

Jadi, tak ada pilihan lain bagi Joanna hanya menjalankan tugasnya membaca surat penggemar Salinger, setelah itu menghancurkannya dengan mesin penghancur kertas atau membuangnya. Namun sesekali ia membalas sebuah surat secara diam-diam jika isi surat tersebut cukup emosional. Ia akan membalasnya dengan kata-kata yang tepat.

My Salinger Year disutradarai oleh Philippe Falardeau. Cerita yang berdurasi selama satu jam tiga puluh menit ini memiliki alur cerita yang mudah dimengerti dengan konflik yang ringan.

Cerita yang disajikan merupakan tipikal idealisme seorang penulis yang memiliki passion yang kuat di bidangnya. Pesan J.D Salinger yang disampaikan melalui telepon kepada Joanna menjadi baris kalimat penting untuk Joanna dan untuk siapapun yang “terjebak” berada bukan di tempatnya.

Setting tempat, atmosfer, warna, alat ketik, dan kebiasaan dibangun dengan sangat apik dalam film ini.

My Salinger Year mungkin bukan tipe film yang akan ditonton untuk semua kalangan, tetapi jalan cerita yang sederhana dan ide cerita tentang proses surat menyurat antara penggemar dan idola bisa jadi referensi tontonan film layak untuk ditonton.

My Salinger Year rilis premier di Film Festival Internasional Berlin yang ke-70 pada 20 Februari 2020, sedangkan rilis di Amerika Serikat dan Kanada pada 5 Maret 2021.