John and the Hole

Seorang anak berusia 13 tahun tiba-tiba memikirkan bagaimana rasanya menjadi orang dewasa dan mewujudkannya sendiri merupakan hal yang wajar atau tidak wajar tergantung apa yang dilakukan dan cara bagaimana ia melakukannya.

John and the Hole merupakan film drama Amerika yang disutradarai oleh Pascual Sisto dan ditulis oleh Nicolás Giacobone. Film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam tiga puluh depalan menit ini diadaptasi dari cerita pendek yang berjudul El Pozo yang ditulis oleh Nicolás Giacobone.

John and the Hole menceritakan tentang John (Charlie Shotwel), remaja berusia 13 tahun yang memilki ekspresi datar, pendiam, dan kaku namun memiliki pikiran yang tak wajar pada saat ia bertanya bagaimana rasanya menjadi dewasa pada ibunya, Anna (Jennifer Ehle).

Ide gila muncul di pikiran John setelah ia menemukan sebuah lubang atau bunker yang belum selesai pembangunannya di sekitar rumahnya. John membuat ibunya, ayahnya Brad (Michael C. Hall), dan kakak perempuannya Laurie (Taissa Farmiga) berada di bunker tersebut pada keesokan harinya. Ia melakukan itu dengan sengaja untuk membuat dirinya merasakan menjadi orang dewasa dengan hidup di rumah sendirian.

Jalan cerita John and the Hole cukup unik, yakni cerita di dalam cerita. Tidak disajikan seperti cerita dongeng, cerita John and the Hole diceritakan kembali oleh seorang ibu, Gloria (Georgia Lyman), dan anak perempuannya berusia 12 tahun, Lily (Samantha LeBretton), yang mereka kaitkan ke dalam kehidupan mereka.

Selain mengangkat isu tentang fantasi menjadi orang dewasa, cerita John and the Hole juga mengangkat cerita tentang mimpi seorang anak 13 tahun berada di rumah sendirian, bebas, tak ada yang mengatur hidupnya, kemudian melakukan segala sesuatu dengan gaya seperti orang dewasa seperti membawa mobil sendiri, mengambil uang di ATM dengan jumlah yang ia inginkan untuk membeli makanan yang ia inginkan, dan melakukan semuanya tanpa aturan.

Bila melihat judulnya, cerita film ini seharusnya berpusat pada John dan sebuah lubang. Namun dalam cerita yang disajikan, hampir bagian cerita hanya mengarah pada tokoh John, dan tidak terlalu mengeksplorasi bagian atau pun tokoh lain yang seharusnya bisa membuat cerita menjadi lebih jelas. Meskipun begitu, karakter John ditampilkan cukup kuat dengan beberapa isu yang ingin diangkat dalam cerita ini.

Bisa dibilang karakter John digambarkan sangat unik, mulai dari gerak tubuh sampai ekspresi. Hal itu mampu membawa penonton menerka-nerka bahwa John adalah pembunuh berantai, akan tetapi cerita tidak mengarah ke arah situ. Charlie Shotwell memainkan karakter ini dengan sangat baik dan tokoh John nampak sangat pas dimainkan olehnya.

Rangkaian cerita dan konflik John and the Hole tidak terlalu rumit. Namun ada beberapa pesan yang bisa diambil dalam drama yang bersifat psikologikal ini. beberapa diantaranya adalah bahwa uang tidak selalu bisa menyelesaikan semuanya, bahwa kadang kesepian atau sendirian adalah harga dari sebuah kebebasan, bahwa menjadi dewasa itu sesungguhnya sama saja seperti anak remaja akan tetapi hidup akan jauh lebih rumit atas setiap keputusan yang harus diambil.

John and the Hole merupakan film seleksi Cannes Film Festival 2020. Film ini rilis premier di Sundance Film Festival 2021 pada 29 Januari 2021, dan rilis di Amerikat Serikat pada 6 Agustus 2021.