Boomika (2021)

Boomika merupakan film horor India yang tayang di Netflix. Film berbahasa Tamil ini rilis pada 22 Agustus 2021.

Film yang berdurasi selama kurang lebih dua jam ini disutradarai dan ditulis oleh Rathindran R. Prasad.

Boomika mengisahkan sepasang suami istri dan anaknya yang autis; Gautham (Vidhu), Samyuktha (Aishwarya Rajesh), dan Siddhu (Sindhu), juga teman mereka, Gayatri (Surya Ganapathy) dan adiknya Aditi (Madhuri), yang terjebak dalam teror di dalam sebuah rumah atau vila besar di tengah hutan di Ooty.

Gautham merupakan seorang arsitek sedangkan Samyuktha atau Sam seorang psikolog anak. Gayatri merupakan rekan kerja Gautham. Kedatangan mereka ke vila tersebut untuk projek membangun real estate untuk seorang menteri di wilayah tersebut. Teror bermula dari pesan singkat yang masuk ke ponsel Aditi yang ia kira adalah temannya. Dari beberapa pesan yang masuk, hal-hal janggal mulai terjadi.

Ide cerita yang diangkat dalam film Boomika cukup menarik, meskipun konflik awal yang disuguhkan cukup klise, yakni pesan misterius, mati lampu, tak ada sinyal, dan mobil mogok, bahkan sosok hantu atau sesuatu yang misterius tidak dimunculkan hingga paruh jalannya cerita.

Rangkaian cerita Boomika menggabungkan unsur horor dan sains. Dalam nuansa horornya, Boomika menampilkan metapor atau kiasan tentang hal yang menyeramkan dari sudut pandang sains mengenai pesan sosial keseimbangan ekologi.

Tempo cerita Boomika berjalan lambat. Penonton akan dibuat rancu dengan sosok atau karakter Boomika (Avandika Vandanapu) yang digambarkan sebagai hantu penghuni rumah yang merupakan bekas bangunan sekolah. Namun dengan narasi yang panjang, film ini mampu menyampaikan cerita dan pesan dengan baik.

Tidak seperti kebanyakan film horor pada umumnya dan tak ada nyanyian yang merupakan ciri khas film India, hal itu menjadi alasan kenapa Boomika layak ditonton. Namun bagi pecinta film horor yang mengharapkan hal yang mencekam dan menyeramkan, barangkali film ini bukan film yang layak untuk ditonton.

CATATAN: Bahasa India (Tamil) bumi memiliki penyebutan yang sama dengan bahasa Indonesia. Hanya penulisan yang sedikit berbeda.