Taman-taman Kota Bekasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), taman adalah kebun yang tanami bunga-bunga dan tempat yang menyenangkan. Sedangkan kota adalah daerah pemukiman yang terdiri atas bangunan rumah yang merupakan kesatuan tempat tinggal dari berbagai lapisan masyarakat, atau daerah pemusatan penduduk dengan kepadatan tinggi serta fasilitas modern dan sebagian penduduknya bekerja di luar pertanian.

Taman merupakan ‘paru-paru’ kota, yang mana tumbuhan dan tanaman hijau yang ada di dalamnya dapat menyerap karbondioksida (CO2), menambah oksigen, menurunkan suhu dengan kesejukan tanaman, menjadi area resapan air, dan dapat meredam kebisingan.

Keberadaan taman di tengah kota sangat penting dan memiliki banyak manfaat. Selain yang sudah dipaparkan di atas, taman juga salah satu tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi sebagai penghilang penat dari rutinitas sehari-hari.

Ada beberapa taman yang terdapat di tengah kota Bekasi, dua diantaranya adalah Taman Hutan Kota Bekasi dan Taman Kota Bekasi.

Taman Hutan Kota Bekasi berlokasi di jalan Ahmad Yani No. 2 Kayuringin Bekasi Selatan. Taman ini selalu ramai di sore hari atau pada saat akhir pekan. Banyak fasilitas yang bisa warga nikmati di taman hutan kota ini, dari hanya sekadar duduk santai, bermain di area anak, berolahraga, hingga kulineran. Mushola dan toilet juga tersedia di area ini.

Sedangkan Taman Kota Bekasi berlokasi di jalan Margajaya atau tepatnya berada di depan Masjid Agung Al-Barkah. Uniknya taman ini dikelilingi oleh pusat pelayanan umum. Tidak jauh dari lokasi taman, terdapat Rumah Sakit Umum Daerah Bekasi, Polres, dan Palang Merah Indonesia cabang Bekasi. Tidak seperti Taman Hutan Kota yang memiliki beberapa fasilitas, di Taman Kota ini hanya ada tempat duduk dan area bermain anak, namun itu pun sudah banyak yang rusak. Untuk mencari kesejukan di tengah panasnya kota Bekasi, taman ini sangat cocok untuk dikujungi.

Untuk mencari hiburan murah yang menyenangkan di tengah kota, datang ke taman kota adalah solusi yang paling pas.