Situs Candi Jiwa dan Blandongan di Batujaya Karawang

Bukan hanya di daerah Jawa Tengah yang terdapat peninggalan sejarah seperti candi, di daerah Karawang Jawa Barat juga termasuk salah satu daerah yang memiliki situs-situs pada jaman kerajaan ribuan tahun lalu.

Mungkin belum banyak yang tahu (termasuk saya) bahwa di Karawang terdapat situs-situs yang memiliki nilai sejarah yang masih ada hingga sekarang.

Tepatnya di desa Segaran Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang Jawa Barat, ditemukan 24 situs di area pertengahan sawah sejak ditemukannya dari tahun 1994 hingga tahun 1997. Dua diantara situs candi yang masih ada yang letaknya berada di tengah persawahan ini adalah Candi Jiwa dan Candi Blandongan.

Dilansir dari laman resmi Perpustakaan Nasional, candi yang ada di Batujaya ini disebut sebagai candi tertua di Jawa melebihi usia Candi Borobudur.

Candi Jiwa merupakan situs pertama yang ada di Batujaya. Menurut catatan sejarah, bangunan kuno ini berdiri sejak abad ke-5 atau ke-7 Masehi yang bertepatan dengan kerajaan Tarumanegara. Ada juga sumber yang mengatakan bahwa candi ini sudah ada sejak abad ke-2.

Bentuk situs ini masih terlihat cukup sempurna dengan pondasi batu batu bata yang kokoh, seperti tak tergerus oleh waktu. Tak seperti candi-candi lainya, Candi Jiwa tidak memiliki anak tangga dan ukiran relief seperti candi pada umumnya bercorak Hindu dan Buddha dan hanya memiliki tinggi 2 meter dari permukaan tanah sawah. Hal ini lantaran prosesi upacara tak dilakukan di bagian atas candi, melainkan di sekitarnya.

Sekitar 100 meter tak jauh dari Candi Jiwa, di lokasi yang sama terdapat Candi Blandongan. Dengan tinggi yang hampir sama dengan Candi Jiwa, Candi Blandongan memiliki tangga masuk dan dihiasi beberapa stupa.

Candi Blandongan

Untuk masuk ke tempat ini, pengunjung harus mengisi data di dua pos (di pintu masuk dan pintu masuk Candi Blandongan) dan akan dimintai uang seikhlasnya untuk kebersihan. Sedangkan untuk parkir motor, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp. 2000,-

Waktu untuk datang ke tempat ini sebaiknya jangan siang hari, karena akan terasa panas sekali. Di area Candi Jiwa pengunjung tidak bisa berlama-lama, karena tempatnya yang tak luas dan candi yang dipagar. Namun, di Candi Blandongan pengunjung bisa berlama-lama di dalamnya karena lokasi yang sangat luas dan terdapat tempat duduk yang terbuat dari batu dan beberapa pohon untuk berteduh.

Datang ke situs candi ini bukan hanya sekadar melihat bangunan di tengah sawah, tetapi juga kita bisa belajar tentang sejarah.