Penangkaran Rusa Ranca Upas Ciwidey

Jalan-jalan ke daerah Bandung Selatan tepatnya di daerah Ciwidey, di sepanjang jalan raya Ciwidey terdapat beberapa tempat wisata, salah satunya adalah Ranca Upas.

Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas adalah salah satu bumi perkemahan di Bandung. Tempat ini berlokasi di Jalan Raya Ciwidey Patengan KM. 11 Patengan Kecamatan Rancabali Bandung. Masyarakat umum bisa berkemah di tempat ini.

Masuk lebih dalam, terdapat penangkaran rusa. Di penangkaran rusa ini pengunjung dapat memberi makan rusa dengan membeli wortel seharga sepuluh ribu rupiah seikatnya atau beberapa potong wortel.

Hamparan tanah yang luas, pemandangan hijau, dan udara yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Pengunjung juga dapat berinteraksi dengan rusa secara langsung. Rusa-rusa di sini sangat pintar. Mereka tahu mana orang-orang yang membawa wortel, kemudian mendekatinya ketika mereka sedang lapar.

Tempat wisata ini cocok sekali untuk keluarga, terutama anak-anak. Anak-anak bisa berinteraksi secara langsung dengan rusa pada saat memberi makan. Rusa-rusa di sini cukup jinak. Pengunjung bisa memegangnya, atau pun berfoto ria.