Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih Ciwidey Bandung selalu memiliki sejuta pesona dan magnet bagi para wisatawan. Bagi beberapa wisatawan tidak akan pernah bosan mengunjungi tempat ini berkali-kali untuk menikmati keindahan ciptaan Tuhan.

Kawah Putih berlokasi di Jalan Raya Ciwidey Patengan KM 11 Lebakmuncang, Sugihmukti, Pasirjambu, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih bulan Oktober 2021 berkisar Rp. 27.000,- per orang untuk wisatawan lokal dan untuk wisatawan mancanegara berkisar Rp. 81.000,-. Harga tersebut belum termasuk kendaraan (Ontang Anting) menuju kawah sebesar Rp. 27.000,-. Sedangkan untuk tarif parkir motor Rp. 6.000,-, mobil Rp. 11.000,-, dan bis Rp. 27.000.-.

Di sekitar Kawah Putih terdapat pedagang yang menjual abu belerang dan bebatuan khas Kawah Putih yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit hingga menyembuhkan jerawat.

Bila membandingkan kondisi Kawah Putih dua puluh atau sepuluh tahun lalu dengan sekarang tahun 2021, tempat ini tidak senatural atau sebagus puluhan tahun lalu. Berkunjung ke Kawah Putih tahun 2021, banyak kawah yang sudah mengering dan kuatnya bau belerang tidak terlalu terasa.

Meskipun begitu, pengunjung masih tetap bisa merasakan keindahan kawah dan sejuknya udara pegunungan. Diantara tempat wisata yang ada di daerah Ciwidey, Kawah Putih masih menjadi primadona wisata di kawasan ini.

Di sepanjang jalan Raya Ciwidey terdapat beberapa tempat wisata yang menarik, tidak jauh dari lokasi tempat wisata Kawah Putih terdapat tempat wisata Ranca Upas Penangkaran Rusa Ranca Upas Ciwidey. Hanya memerlukan waktu 5 sampai 10 menit menuju tempat tersebut.