Witch Hunt (2021)

Di era modern ini, praktik ilmu sihir masih terjadi bahkan di negara maju sekalipun, seperti Amerika. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan atau bersifat menghancurkan dan merugikan orang lain, sebuah organisasi federal Biro Investigasi Sihir memburu, menangkap, dan mengeksekusi mati para penyihir.

Film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam tiga puluh delapan menit ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang berusaha menyembunyikan penyihir-penyihir yang diburu dan dieksekusi oleh suatu biro investigasi sihir atau Bureau of Witchcraft Investigation (BWI).

Martha (Elizabeth Mitchell), seorang ibu dari 3 anak; Claire (Gideon Adlon), dan si kembar Corey (Cameron Crovetti) dan George (Nicholas Crovetti), selalu berusaha melindungi penyihir untuk dibawa ke suaka di perbatasan Meksiko. Apa yang ia lakukan selalu berhasil, hingga akhirnya salah seorang dari BWI mendeteksi adanya penyihir kakak beradik, Fiona (Abigail Cowen) dan Shae (Echo Campbell), yang mana ibu mereka sudah terlebih dahulu dibakar hidup-hidup oleh biro sihir tersebut.

Witch Hunt merupakan film supernatural yang disutradarai dan ditulis oleh Elle Callahan. Cerita film ini mencoba menghadirkan kembali kejadian di era 1600an yang penuh kontroversial di dalam masyarakat modern Amerika.

Witch Hunt melibatkan penyihir dengan kekuatan gaib dan kelompok sosial serta orang-orang yang memburu dan mengeksekusi mereka, akan tetapi disajikan dalam lingkungan dan setting yang sangat familiar dengan kehidupan sehari-hari.

Film ini menyiratkan tema yang terkait dengan penindasan perempuan, hak asasi, diskriminasi sosial, yang mana perempuan yang memiliki ilmu sihir belum tentu akan bertindak jahat atau merugikan orang lain, dan tanpa penghakiman mereka dibakar hidup-hidup.

…. you should know, that being a witch is not a crime and all magic is not that bad. There is a good magic too.” -Claire-

Tema yang diangkat oleh cerita Witch Hunt cukup menarik dengan menciptakan dunia baru yang belum pernah penonton lihat sebelumnya, yakni memadukan kesadaran sosial dengan perjuangan modern ketika ilmu sihir itu nyata di Amerika modern dan para penyihir dianiaya oleh otoritas Amerika Serikat. Adegan mengetuk tembok menjadi salah satu simbol yang menjadi bagian dari penyampaian cerita film ini.

Mengangkat tema yang menarik, sayangnya tidak dibarengi dengan isi dan jalan cerita yang menarik pula. Tempo jalan cerita Witch Hunt sangat lambat hingga membuat penonton merasa bosan di pertengahan cerita. Isi cerita Witch Hunt lebih kepada supernatural drama daripada horor dan tidak menunjukkan keahlian seorang penyihir.

Witch Hunt rilis di Amerika Serikat pada 1 Oktober 2021.