Sleepy Hollow (2013-2017)

Sleepy Hollow merupakan salah satu serial TV Amerika yang berhasil menyedot kurang lebih 15 juta penonton di tayang perdananya. Serial yang tayang perdananya tanggal 16 September 2013 ini mengusung genre drama, horor, supernatural, petualangan, misteri, thriller, dan sejarah.

Serial ini diadaptasi dari cerita pendek The Legend of Sleepy Hollow karangan Washington Irving. Cerita ini kerap kali diangkat menjadi sebuah film ataupun serial TV. Salah satunya adalah film yang digarap oleh Tim Burton yang dibintangi oleh Johnny Depp dan Christina Ricci.

Serial Sleepy Hollow mengisahkan tentang Ichabod Crane (Tom Mison), seorang tentara atau prajurit pada masa perang revolusioner yang terkubur selama 250 tahun dan bangkit kembali dari kuburnya di dalam tanah tersembunyi dibalik eksotisnya air terjun di kawasan Sleepy Hollow. Crane dulunya seorang profesor sejarah di Kampus Merton, Oxford.

Apa yang telah terjadi di tahun 1781 yakni pertempuran antara Amerika dan Inggris, salah satu tentaranya adalah Ichabod Crane. Yang mana dalam pertempuran tersebut Crane melawan salah satu tentara Inggris hingga berhasil memenggal kepalanya. Hal tersebut yang menjadi penyebab Crane tetap hidup dan bangkit karena kekuatan sihir yang berada dibalik itu. Istri Crane, Katrina Crane (Katia Winter), seorang penyihir yang menjadikan Crane tetap hidup.

Kembali ke masa kini, penunggang kuda yang dipenggal kepalanya pun bangkit seperti ingin membalas dendam meskipun tanpa kepala. Kota Sleepy Hollow menjadi sasarannya. Salah satu petugas kepolisian, Sherif Corbin, menjadi korban keganasannya. Crane yang tiba-tiba muncul dengan pakaian tentaranya tertuduh sebagai pembunuhnya. Letnan Abigail Mills atau Abbie (Nicole Beharie), yang saat itu bersama korban, membantah bahwa yang membunuh Corbin bukan Crane.

Karena penjelasannya yang tak masuk akal dan penampilannya yang jadul, bukan hanya jadi tertuduh, Crane juga dianggap sakit jiwa dan dimasukkan ke dalam rumah sakit jiwa atau mental. Abbie yang merasa memiliki koneksi yang kuat dengan Crane, Selalu mencari cara untuk bisa menginterogasi banyak hal dengan Crane. Hingga di satu poin, mereka benar-benar dan ternyata sudah terhubung satu sama lain dan memiliki sebuah misi.

Di episode pilot alias episode perdananya, Sleepy Hollow berhasil menarik penonton dengan cerita yang seru dan visual yang sangat baik dibawa ke layar TV. Penonton berasa menonton visual dengan kualitas layar lebar.

Serial Sleepy Hollow merupakan film yang sangat menarik dan menyenangkan meskipun diisi dengan cerita yang menampilkan dunia gelap. Meski begitu, cerita ini dibalut dengan sisi petualangan dan misteri yang membuat penonton tertarik pada tiap bagian episodenya.

Cerita Sleepy Hollow memiliki plot yang unik. Alur ceritanya maju mundur. Di hampir tiap episodenya, Sleepy Hollow menyelipkan informasi tentang sejarah Amerika. Penonton akan dibawa kilas balik tentang kejadian yang terjadi ratusan tahun lalu.

Lelucon dan satir menjadi bagian yang juga menarik dalam serial TV ini. Jokes dan satir dalam beberapa dialog yang disampaikan oleh Ichabod Crane selalu sampai dengan baik ke penonton. Penonton dibuat tertawa dan senyum-senyum sendiri mendengar baris-baris kalimat yang keluar dari mulut Crane dengan aksen British-nya. Hal tersebut bukan hanya membuat cerita Sleepy Hollow menarik, tetapi juga sangat menghibur. Tom Mison memainkan sangat baik karakter Ichabod Crane.

Bukan hanya menyuguhkan cerita yang menarik, namun dua karakter antara Ichabod Crane dan Abigail Mills menjadi salah satu faktor utama serial TV ini menjadi tontonan yang menarik untuk ditonton. Sebagai rekan kerja dari masa waktu yang jauh berbeda, mereka memiliki kemistri yang kuat. Dalam beberapa bagian adegan mereka nampak menggemaskan sebagai rekan kerja. Cara Ichabod Crane memanggil Abigail Mills dengan sebutan Letnan dengan aksen Britishnya menjadi hal yang paling asyik didengar oleh telinga saya.

Karakter Ichabod dan Abbie sangat menarik dan menyenangkan. Hubungan pertemanan mereka nampak biasa, tapi cukup emosional. Hal itu sampai ke mata dan hati penonton. Dilihat dari adegan apapun dan manapun, baik sedang marah, bercanda ataupun sedang adu argumen, mereka tetap kelihatan klop.

Dari season 1 hingga season 3, cerita berjalan sangat menarik dan intens dengan kejutan-kejutan yang disuguhkan. Hal tersebut mampu membuat penonton tak bisa lepas dari setiap detik jalan ceritanya. Namun karena ada seseuatu yang berbeda, season 4 atau season terakhir serial ini menjadi kurang menarik untuk ditonton.

Serial Sleepy Hollow digarap oleh Alex Kurtzman, Roberto Orci, Phillip Escope, dan Len Wiseman. Pemain inti serial ini:

Tom Mison (Ichabod Crane, season 1- 4)

Nicole Beharie (Abigail Mills, season 1-3)

Lyndie Greenwood (Jenny Mills, season 1-4)

Orlando Jones (Frank Irving, season 1-2)

Katia Winter (Katrina Crane, season 1-2)

John Noble (Henry Parish, season 1-2)

Jack Appleman (Joseph Corbin, season 2-3)

Nikki Reed (Betsy Ross, season 3)

Shannyn Sosamon (Pandora, seoson 3)

Lance Gross (Daniel Reynolds, season 3)

Jessica Camacho (Sophie Foster, season 3)

Janina Gavankar (Diana Thomas, season 4)

Cerita Sleepy Hollow barangkali bukan terbilang cerita yang ringan. Akan tetapi masih bisa dipahami setiap alur ceritanya dan sangat layak tonton. Serial Sleepy Hollow bisa ditonton streaming di Disney+ Hotstar.