Antlers (2022)

Sedang mencari referensi film horor yang sedang tayang di bioskop? Barangkali film yang satu ini bisa jadi pilihannya.

Antlers merupakan film yang diadaptasi dari cerita pendek yang berjudul The Quiet Boy karya Nick Antosca. Film yang katanya sudah ditunggu-tunggu penayangannya ini disutradarai oleh Scott Cooper.

Film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam tiga puluh sembilan menit ini mengisahkan tentang anak laki-laki berusia 12 tahun, Lucas (Jeremy T. Thomas), yang kerap menunjukkan gerak gerik aneh di kelasnya hingga beberapa temannya senang merundungnya di kelas ataupun di luar kelas.

Keanehan Lucas yang begitu terlihat jelas hingga menarik perhatian gurunya, Julia (Keri Russell), adalah ketika Julia meminta Lucas melakukan story telling dari gambar yang Lucas buat. Dari situ Julia mulai mencari tahu dan menyelidiki apa yang terjadi dengan Lucas dan keluarganya. Diam-diam Julia datang ke rumah Lucas dan mendapati bahwa semua yang ia selidiki tentang Lucas dan keluarganya berhubungan dengan makhluk mitologi yang bernama Wendigo.

Wendigo merupakan sosok arwah jahat yang berasal dari cerita rakyat Amerika. Makhluk itu digambarkan memiliki tubuh seperti anjing besar berkepala rusa. Di tangan Guillermo del Torro, sang produser film ini yang juga dijuluki si raja monster Hollywood, sosok Wendigo digambarkan dengan sosok monster yang bengis dan beringas.

Sebagai film thriller yang berbau horor, ketegangan tidak terlalu terasa di awal cerita. Namun ketegangan dibangun sangat intens di akhir cerita. Beberapa adegan di dalamnya membuat saya tak berani melihat layar (karena tak punya cukup nyali untuk melihat kanibalisme, hihi).

Barangkali tidak semua penonton menyukai cerita film ini karena temponya yang lambat. Cerita Antlers lebih menonjolkan drama dan tidak terlalu fokus pada teror melainkan suasana yang kelam dan gelap.

Ditulis oleh C. Henry Chaisson, Nick antosca, dan Scott Cooper, cerita ini menyelipkan isu mental illness baik dari sisi Julia atas trauma masa lalu dengan ayahnya ataupun ayah Lucas yang menjadi sosok Wendigo.

Tidak melulu menyajikan adegan horor, sinematografi pemandangan indah kota Oregon memanjakan mata penonton.

Film Antlers tayang perdana di Beyond Fest pada 11 Oktober 2021, dan rilis secara umum di Amerika Serikat pada 29 Oktober 2021 untuk meramaikan Halloween saat itu. Sedangkan tayang di bioskop Indonesia pada Januari 2022.