The Adam Project (2022)

Melihat trailer yang seru menyeret rasa penasaran saya untuk menonton film yang tayang di Netflix ini.

The Adam Project merupakan film fiksi ilmiah yang menggabungkan drama keluarga dan komedi. Film yang berdurasi selama satu jam empat puluh enam menit ini disutradarai oleh Shawn Levy.

The Adam Project mengisahkan tentang seorang pilot paruh baya bernama Adam Reed (Ryan Reynolds) yang datang dari tahun 2050 melarikan diri dengan time travel ke tahun 2022 untuk melakukan sebuah misi menyelematkan dunia dan istrinya, Laura (Zoe Saldaña). Dalam perjalanan menuju tahun 2022, ia dikejar oleh pemimpin distopia, Maya Sorian (Catherine Keener) dan anak buahnya hingga pesawat yang ia kendarai harus mendarat mendadak di sekitar rumahnya lalu ia bertemu dirinya sendiri, Adam Reed 12 tahun (Walker Scobell), di rumahnya.

Adam kecil yang sedang berjuang melewati masa sulit kehilangan ayahnya, Louis Reed (Mark Ruffalo), sangat terkejut dan pastinya bertanya banyak hal dengan apa yang ia temui. Terlebih lagi melihat sosok dirinya yang dewasa dengan perawakan yang sangat bagus dan cakap yang mana berbanding terbalik dengan dirinya yang kecil dari teman seusianya, punya penyakit asma, dan sering dirundung oleh teman sekelasnya.

Adam besar meminta bantuan kepada Adam kecil untuk melakukan misi tersebut sekaligus menyelamatkan istrinya. Dari situ mereka saling mengenal satu sama lain dan aksi seru, kocak, dan haru disuguhkan oleh film ini.

Rangkaian cerita The Adam Project menyajikan aksi petualangan yang seru dan menarik.

Dari awal cerita, the Adam Project sudah menyuguhkan adegan yang menarik dan aksi yang seru. Namun film yang ditulis oleh Jonathan Tropper, T.S Nowlin, Jennifer Flackett, dan Mark Levin ini tidak melulu menyajikan adegan laga dan pertarungan yang menunjukkan kekerasan dan kekacauan, akan tetapi juga menjelaskan bagaimana setiap anak membutuhkan validasi dan kehadiran orangtua dalam tiap tumbuh kembangnya.

Alur cerita The Adam Project cukup unik dengan melihat waktu dari tahun 2050, mundur ke 2022, dan mundur lagi ke 2018. Meskipun nampak tidak masuk akal, namun cerita film ini memberikan banyak hal menarik untuk dinikmati sekaligus mengambil pelajaran dari ceritanya, salah satunya adalah Adam besar yang merefleksikan masa depan Adam kecil seperti sedang memberi peringatan kepada diri sendiri untuk tidak melakukan hal buruk dan harus berani.

Kemistri kedua Adam sangat baik, klop, dan menggemaskan. Akting Walker Scobell sangat baik dan natural sedangkan akting Ryan Reynolds tak perlu diragukan lagi memerankan karakter yang berani tapi kocak, penuh sarkasme, dark jokes, sedikit menyebalkan tapi apa yang ia katakan dan lakukan benar.

Dengan menghadirkan cerita yang ringan dan tidak berbelit-belit, menghibur, hangat, emosional, dan family oriented, film The Adam Project adalah film yang ramah untuk ditonton bersama keluarga. Beberapa baris kalimat menjadi kalimat favorit saya dari film fiksi ilmiah ini, diantaranya adalah:

Your future is coming, sooner than you think.” -Ellie Reed (Jennifer Garner)-

Boys always come back to their Mama.” – Middle-aged Adam Reed-

Stop being alchemist, be a father.” – Middle-aged Adam Reed-

The Adam Project rilis di Netflix pada 11 Maret 2022.