Fresh (2022)

Mencari pasangan di aplikasi kencan online bagaikan membeli kucing dalam karung. Seseorang hanya melihat profil seseorang lainnya dari foto yang dipasang dan hanya berkomunikasi lewat aplikasi tersebut. Ketika masing-masing memutuskan untuk bertemu, ekspektasi tak selalu sejalan dengan realita. Itu yang terjadi pada Noa (Daisy Edgar-Jonas) dalam film Fresh.

Fresh merupakan film drama komedi thriller Amerika yang ditulis oleh Lauryn Kahn dan disutradarai oleh Mimi Cave.

Film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam lima puluh empat menit ini mengisahkan seorang wanita bernama Noa yang sedang mencari pasangan dengan salah satu usahanya adalah mencari melalui aplikasi kencan online. Ketika yang diinginkan tak sesuai dengan harapan, Noa nampak putus asa terlebih lagi sahabat karibnya, Mollie (Jonica. T Gibbs), mengatakan bahwa ia tak butuh atau tak perlu melakukan itu untuk mendapatkan pasangan.

Di saat Noa tak lagi berharap, tiba-tiba seorang pria, Steve (Sebastian Stan), menghampirinya di salah satu lorong supermarket bagian sayuran dan daging. Steve menanyakan nama, setelah itu menanyakan nomor telepon Noa. Cara Steve melakukan itu cukup spontan seperti tak ada beban, ditambah dengan parasnya yang tampan dengan menunjukkan wajah polos, pokoknya random banget deh perilaku si Steve.

Noa yang terpikat dengan pesona Steve memberikan nomor teleponnya, kemudian bertemu, dan merasa cocok hingga akhirnya Steve mengajak Noa berkunjung ke rumahnya yang cukup mewah. Dari bagian sini lah cerita Fresh dimulai dengan konflik yang penonton tak bisa tebak siapa Steve sebenarnya dan apa tujuan ia berkenalan dengan Noa.

Cerita Fresh menghadirkan cerita yang bisa dibilang fresh juga. Berawal dari mencari pasangan dari sebuah aplikasi online hingga memberi pengalaman bertemu seorang psikopat rupawan.

Cerita Fresh menghadirkan beberapa satir. Di bagian awal cerita, Fresh jelas sekali menampilkan satir tentang fenomena kencan melalui aplikasi online yang terjadi beberapa tahun belakangan ini. Satir lainnya adalah bahwa tubuh perempuan selalu bisa dijadikan objek yang bisa dijual dengan cara apapun.

Rangkaian cerita Fresh cukup menarik. Dari mencari pasangan, penonton dibawa ke cerita lain yang tak bisa ditebak walaupun di awal sudah ada petunjuk-petunjuk ke arah itu. Penulis mampu menjaga cerita sampai terbuka satu per satu. Lauryn Kahn bukan hanya berhasil meyakinkan Noa tentang karakter Steve, tetapi juga audiens.

Unsur komedi, romansa, dan thriller dihadirkan dalam film ini. Akan tetapi untuk dikatakan lucu, film ini tidak terlalu lucu, dan dibilang mengerikan dari karakter Steve yang psikopat, juga tidak terbilang mengerikan. Namun yang pasti, jika teman-teman termasuk orang yang mudah merasa jijik dan memiliki imajinasi tinggi, sebaiknya tidak makan atau sedang kenyang ketika menonton film ini. Meskipun begitu film ini sangat menyenangkan untuk ditonton

Membandingkan Sebastian Stan ketika menjadi superhero dengan karakter Steve sangat jauh berbeda. Entah mengapa saya melihat Stan nampak jauh lebih tampan di film ini walaupun ia berperan sebagai seorang antagonis. Kemistri yang dibangun dengan Daisy Edgar-Jones sangat baik. Daisy Edgar-Jones juga memerankan Noa dengan sangat baik. Aksen British-nya hampir tak terdengar.

Fresh rilis premier di Sundance Film Festival pada 20 Januari 2022, streaming di Hulu pada 4 Maret 2022 dan Disney+ pada 18 Maret 2022.