Serial TV Roswell (1999 – 2002)

Jika kamu anak tahun 90an dan menonton beberapa serial TV Amerika yang ada di salah satu saluran TV nasional pasti tahu dengan serial TV Roswell. Seingat saya, saat itu Roswell mengudara di stasiun TV SCTV dan menjadi salah satu serial TV favorit saya dan (barangkali) juga menjadi tontonan favorit remaja Indonesia saat itu.

Roswell merupakan serial TV fiksi ilmiah Amerika yang diproduksi dan ditulis oleh Jason Katims. Serial ini diangkat dari buku serial young adult yang berjudul Roswell High yang ditulis oleh Melinda Metz.

Serial ini mengudara selama 3 musim yang berisi 61 episode. Debutnya sendiri tayang pada 6 Oktober 1999 dan berakhir pada 14 Mei 2002. Roswell diisi oleh bintang-bintang remaja (saat itu) Shiri Appleby (I was a big fan of Shiri Appleby and I still am, I guess 😊), Jason Behr, Katherine Heigl, Majandra Delfino, Brendan Fehr, Colin Hanks, Nick Wechsler, Emilie de Ravin, dan William Sadler sebagai Sherif Jim Valenti.

Roswell menceritakan tentang 3 remaja alien, Maxwell Evans atau Max (Jason Behr), Isabel Amanda Evans (Katherine Heigl), dan Michael Guerin (Brendan Fehr) yang hidup di bumi tepatnya di kota Roswell, New Mexico. Max dan Isabel diadopsi oleh sepasang suami istri yang sangat menyayangi mereka. Sedangkan Michael hidup seorang diri setelah mengalami kekerasan yang dilakukan oleh ayah angkatnya.

Suatu hari terjadi penembakan di kafe milik ayah Elizabeth Parker atau Liz (Shiri Appleby), John Doe (Jeff Parker), dan yang menjadi korban penembakan tersebut adalah Liz. Max yang saat itu berada di dalam kafe bersama Michael menolong Liz dengan kekuatan alien yang ia miliki. Liz yang sedang sekarat, dalam sekejap pulih seperti sedia kala.

Dari kejadian tersebut Liz, mencari tahu tentang siapa Max sebenarnya, menjadi dekat hingga saling mencintai dan pastinya dengan kisah cinta yang kompleks antara manusia dan alien yang diburu oleh FBI pemburu alien serta masalah alien lainnya.

Cerita Roswell dari episode ke episode mampu menarik penasaran penonton. Begitu pun dengan masing-masing karakter yang disajikan sangat kuat dan solid menjadikan cerita Roswell bukan hanya menarik untuk ditonton tapi juga menghibur dan menyenangkan. Romantisme khas budaya remaja Amerika disuguhkan dalam serial ini.

Eratnya persahabatan, keluarga, dan asmara, mengisi cerita Roswell. Mengenai kemistri diantara para pemain tak perlu ditanyakan dan diragukan lagi. Bahkan Shiri Appleby (sebagai Liz) dan Jason Behr (sebagai Max) di dunia nyata berteman baik di usia mereka yang tak lagi muda.

Bila dulu saya atau teman-teman hanya bisa menonton beberapa episode Roswell di salah satu TV nasional, tapi sekarang serial TV Amerika ini bisa ditonton secara keseluruhan di aplikasi Disney+ Hotstar.