Reviviendo la Navidad (2022)

Sedang mencari film natal yang ringan dan menghibur? Film yang baru saja streaming di Netflix ini bisa jadi salah satu film yang bisa ditonton oleh seluruh keluarga.

Reviviendo la Navidad atau A Not So Merry Christmas merupakan film Meksiko yang baru streaming di Netflix tanggal 20 Desember 2022. Film yang berdurasi selama kurang lebih satu jam empat puluh menit ini disutradarai oleh Mark Alazraki dan ditulis oleh Juan Carlos Garzón, Angélica Gudiño, juga Mark Alazraki.

Reviviendo la Navidad mengisahkan seorang suami dan ayah, Chuy (Mauricio Ochmann), yang mengalami waktu natal yang berulang kali dengan keadaan yang berbeda dan sama sekali tidak ia inginkan. Hal itu terjadi karena Chuy sangat membenci natal yang bersamaan dengan hari lahirnya. Keluarga dan orang-orang terdekatnya akan lebih merayakan natal daripada hari lahirnya.

Ketika ia sangat membenci hari natal atau pun hari lahirnya yang selalu dirayakan dengan kue yang dibawakan oleh istri Chuy, Daniela (Ana Brenda Contreras), dan anak-anaknya, hal buruk pun terjadi padanya setiap kali merayakan hari natal. Yang paling fatal, Chuy hampir kehilangan keluarganya yang meninggalkannya karena ia selalu terlihat sinis ketika merayakan natal atau pun hari lahirnya.

Alur Cerita Reviviendo la Navidad sangat sederhana. Sesuai dengan genrenya yakni drama komedi, beberapa adegan disajikan cukup menghibur. Pesan yang disajikan cukup mudah dicerna oleh penonton.

Tak banyak yang bisa diulas untuk film natal yang ceritanya kurang lebih sama dengan cerita yang bertemakan natal sebelumnya. Namun yang sedikit menarik dalam cerita ini, hal yang sama terjadi bukan pada aktor utamanya Mauricio Ochmann, akan tetapi terjadi pada Ana Brenda Contreras yang juga berulang tahun sehari sebelum perayaan natal yaitu tanggal 24 Desember.

Dalam suatu wawancara, Ana Brenda Contreras menyatakan bahwa ia bisa merasakan apa yang Chuy rasakan, dan dalam cerita tersebut ia bisa melihat hal dari beberapa perspektif.