La Nave/The Ship (2022)

La Nave atau The Ship merupakan film Meksiko yang diangkat berdasarkan kisah nyata. Film berbahasa Spanyol ini disutradarai oleh Batán Silva dan ditulis oleh Pablo Cruz yang juga menjadi bintang utama dalam film ini.

La Nave mengisahkan seorang laki-laki, Miguel Lopez (Pablo Cruz), yang sedang mengalami kondisi pada fase memasuki usia paruh baya untuk bisa melakukan sesuatu untuk orang lain atau sebaliknya.

Profesi Miguel sebagai penyiar radio. Pada saat sedang siaran, seorang anak kecil bernama Gerardo Janitzio (Santiago Beltrán), yang memiliki kanker stadium akhir menelepon Miguel dan memintanya untuk memenuhi keinginannya untuk bisa pergi ke sebuah pulau terdampar dengan menaiki sebuah kapal.

Permintaan tersebut terdengar sederhana untuk dipenuhi melihat Miguel sebagai seorang penyiar radio yang bisa dengan mudah mengumpulkan dana dari pendengarnya. Namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dengan melihat banyak hal.

Rangkaian cerita La Nave sangat sederhana, ringan, dan realistis. Meskipun begitu, bagi saya, cerita ini sama sekali tidak membosankan dengan ceritanya mengalir tanpa bertele-tele. Sepanjang durasi kurang lebih satu jam dua puluh lima menit penonton sangat terhibur dengan adegan-adegan lucu dan kocak yang dilakukan oleh Miguel. Sesekali penonton dibuat sedikit emosional.

Meskipun penonton lebih banyak dibuat tertawa, bukan berarti tak ada hal serius yang bisa penonton ambil dalam/untuk hal baik. Kisah La Nave menyajikan cerita tentang sebuah perjuangan. Sedikit tentang hal yang berhubungan dengan psikologi seseorang pun disuguhkan dalam kisah ini. Ketika seseorang bahkan anak-anak yang memiliki penyakit kanker stadium akhir, hal itu bukan hanya tentang penyakit fisik akan tetapi juga psikis ketika menghadapi penyakit tersebut dan efek terburuknya.

Selain karakter Miguel, Gerardo, dan ibu Gerardo, ada beberapa karakter yang mengisi film ini. Masing-masing karakter dimainkan dengan sangat baik oleh aktor dan aktris film Meksiko. Semua bermain dengan sangat natural terlebih lagi sang bintang utama Pablo Cruz yang memainkan karakter Miguel Lopez. Ekspresi wajah lucu, polos, baik, kocak, marah, dan serius yang dilakoni oleh Pablo Cruz sangat menghibur dan memesona penonton.

Film La Nave sudah rilis pada Maret 2022. Namun bagi pecinta film yang ingin menonton film sederhana, lucu, menghibur, tidak membosankan, dan berbahasa Spanyol, La Nave bisa menjadi rekomendasi film yang layak tonton.